Selasa, 19 Juli 2011

Tips Menjalankan Puasa Dengan Nikmat

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, bagi umat Muslim diseluruh dunia bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan pengampunan. Dibulan Ramadhan, umat Muslim juga diwajibkan untuk berpuasa. Bagi para pekerja, berpuasa di saat bekerja memang sangat berat. Tak pelak bebanpun bertambah karena disaat puasa kita harus menjaga hati, pikiran, dan percakapan.



Berikut ini merupakan tips menjalankan puasa dengan nikmat :

1. Membaca Al-Quran
1.      
Membaca Al-Quran memang memiliki banyak manfaat dan pahala dari Tuhan. Dengan  mengaji, maka hati kita pun akan merasa tenang dan damai, serta Insyaallah akan dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Membaca Al-Quran juga bisa menyingkat waktu berpuasa karena jika kita asik mengaji waktu yang dirasa berat itu pun bak tidak ada artinya.


2. Senyum
1.        
        Senyum merupakan perbuatan paling mudah dan memiliki manfaat sangat besar. Dengan senyuman, seseorang yang sedang marah akan merasa sangat damai. Saat kita tersenyum kepada orang lain, disaat itulah maka pikiran negatif dan rasa lelah sirna. Oleh karena itu mengapa senyum termasuk dalam ibadah karena selain membuat hati kita sendiri tenang juga membuat hati orang lain senang.

        3. Berpikiran positif
1.     
Pikiran positif membantu kita untuk menenangkan otak dan diri kita dari masalah yang belum tentu terjadi. Manusia cendrung berpikiran negatif terhadap suatu masalah yang belum tentu terjadi atau terhadap orang lain yang belum terlalu kita kenal. Saat kita berpikiran negatif, maka disaat itu lah kita dihinggapi perasaan was-was dan tidak tenang. Sehingga dapat membuat puasa kita tak berjalan lancar dan membuang-buang waktu untuk memikirkan hal yang tak perlu. 

4. Selalu Istighfar
1.      
Membaca Istighfar memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya menghindari kita untuk berpikiran jahat terhadap orang lain,terhindar dari godaan Syetan, mengusir kesedihan , dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Dengan memperbanyak membaca Istighfar, kita  bisa mendapat rahmat dan kebaikan dari Tuhan. 

5. Bersedekah
1.      
Bulan Ramadhan memang buan yang penuh berkah dan rahmat. Oleh karena itu,bagi setiap orang dianjurkan untuk berbuat kebajikan untuk orang lain seperti bersedekah. Bersedekah bisa dengan cara apa saja, seperti memberi uang untuk masyarakat kurang mampu, mengajak warga kurang mampu untuk berbuka atau sahur bersama-sama. Bersedakah di bulan suci jauh lebih baik daripada Anda menghamburkan uang untuk membeli baju baru mahal untuk lebaran. Tuhan lebih mencintai umatnya yang menghadiahkan sedikit rezekinya untuk sesama umat yang kurang mampu daripada menghamburkan rezekinya hanya untuk memamerkan diri untuk kepuasan semata. 

6. Menghibur diri
1.      
Saat bekerja di bulan puasa, pada umumnya kita akan merasa jenuh dan seakan-akan waktu berjalan lebih lama. Untung menghindari hal itu, luangkanlah waktu Anda untuk menghibur diri seperti bermain games di komputer atau game elektronik, atau dengan berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di sekitar daerah rumah Anda. Hal ini bisa membuat waktu berjalan dengan cepat serta merekatkan hubungan Anda dengan keluarga atau teman.


Sekian tips ini saya sampaikan,semoga bisa membantu Anda menjalankan Puasa dengan baik dan bermanfaat.



0 comments:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates