Rabu, 19 Oktober 2011

Bahaya Bayi Tidur Tengkurap !!


Bagi sebagian masyarakat mungkin mengira tidur tengkurap untuk bayi sangat bagus untuk pengembangan jantung dan juga menguatkan otot-otot pernapasannya. Tetapi, banyak berita yang menyatakan bahwa tidur tengkurap bisa menyebabkan bayi meninggal mendadak atau yang sering di sebut SIDS ( Sudden Infant Death Syndrom). Penyebab dari kematian mendadak ini memang belum jelas asal-usulnya. Namun di negara barat seperti Eropa contohnya, SIDS ini sering dikaitkan dengan posisi tidur tengkurap pada bayi. Hal ini dikaitkan dengan banyaknya bayi-bayi dibawah usia 12 bulan yang mengalami kematian mendadak karena tidur dengan posisi tengkurap.

SIDS dikatakan memiliki hubangan belum matangnya pusat saraf pernapasan pada bayi. Namun jika si bayi sudah bisa tidur tengkurap dengan sendirinya, maka bisa dibilang pusat saraf pernapasan bayi itu sudah mulai ikut berkembang sehingga tidak ada masalah jika ia tidur tengkurap. Bagi bayi yang saraf pusat pernapasannya belum berkembang, bisa mengalami sesak nafas saat ditidurkan dengan posisi tengkurap. Tidur tengkurap sebenernya tidak seberbahaya itu jika kita selalu berhati-hati terhadap bahaya sesak nafas. Justru tidur tengkurap dapat membuat tidur bayi jauh lebih nyenyak daripada tidur telentang. 

Berikut yang perlu Anda ketahui :


1.   SIDS merupakan penyebab utama kematian bayi yang berusia 1 s/d 12 bulan dan sebagian besar terjadi pada bayi yang berusia 6 bulan kebawah.

2.   Kasur yang terlalu empuk dan bayi diselimuti kain atau selimut yang lembut pada saat dia tidur tengkurap bisa menjadi penyebab utama kematian bayi oleh SIDS.




BERIKUT CARA MENCEGAH SIDS :

1.       Jangan pernah secara sengaja menengkurapkan bayi Anda kecuali jika bayi Anda sudah bisa tengkurap sendiri.

2.       Untuk mengurangi resiko SIDS, letakkanlah bayi pada kasur atau alas yang tidak terlalu empuk. Karena dari penjelasan saya tadi bisa dilihat alas seperti sofa, kasur air, bulu domba, atau permukaan yang lembut lainnya bisa meningkatkan resiko SIDS.

3.       Saat masih berusia 1-12 bulan, sebaiknya Anda selalu meletakan bayi Anda dengan posisi telentang. Pengecualian jika pada kurun waktu usia tersebut bayi Anda sudah bisa tengkurap dengan sendirinya.

4.       Pastikan tidak ada seorangpun yang merokok di sekitar bayi Anda terutama saat bayi sedang tidur. Hal ini dikerenakan saraf pernapasan bayi belum tumbuh secara maksimal sehingga jika terhirup asap rokok akan sangat berbahaya bagi pernapasannya.

5.       Jauhkan selimut atau kain yang lembut, berbulu, dan lemas serta barang-barang yang diisi dari kapuk seperti bantal dan boneka disingkirkan dari tempat tidur saat bayi sedang tidur. Hal ini di karenakan untk mencegah bayi Anda terselimuti atau tertindih barang-barang empuk tadi.

6.       Pastikan hidung dan mulut bayi Anda yang sedang tidur tidak tertutup oleh kain atau selimut atau bantal untuk mencegak sesak nafas.

7.       Saat tidur malam, penggunaan selimut memang sangat diperlukan untuk mencegah bayi kedinginan dan masuk angin. Namun, yang perlu diperhatikan adalah selimut yang menutupi bayi harus tidak boleh lebih tinggi dari dada sang bayi dan ujung bawah selimut yang berada di arah kaki bayi, harus diselipkan di selah-selah tempat tidur atau matras.

8.       Jangan membuat bayi Anda merasa kepanasan dan juga kedinginan. Usahakan bayi Anda merasa selalu hangat tapi tidak kegerahan. Suhu kamar diusahakan nyaman atau sejuk tetapi tidak dingin sehingga bayi tidak merasa kedinginan dan juga tidak merasa kepanasan.

9.       Jangan pakaikan bayi dengan baju yang berlapis-lapis saat tidur dan juga jangan menyelimuti bayi dengan selimut yang tebal untuk menghindari bayi kegerahan.

10.   Sebisa mungkin untuk menemani bayi Anda saat dia tidur agar bayi agar bisa di jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Sekian dulu artikel ini saya buat, semiga artikel ini bisa membantu para pembaca yang memiliki bayi agar terhindar dari SIDS. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian ^^.

TERIMA KASIH

Sumber gambar ;  

10 comments:

Danny Sihombing mengatakan...

wah udah punya momongan ya, tau banget nih, hehehehe....

salam kenal ya, dari cantikalayanti.blogspot.com

JIMMY mengatakan...

to danny = hehe gak mas, saya blom nikah tapi kakak2 saya semua udah punya anak..

thanks udah mampir yaa :)

Ardi mengatakan...

kadang memang khawatir kalau tidur malam. Waktu kita tidur lelap, kita tidak tau kalau bayi tidur tengkurap...

JIMMY mengatakan...

to Ardi = klo malem pastinya takut juga ya soalnya kan kita juga tidur, tapi ya yang penting ditingkir2in aja barang2 yang sekiranya lembut di sekeliling bayi..

Unknown mengatakan...

Habis baca artikel ini jadi pengen punya momongan

Unknown mengatakan...

Maaf sumber yg pasti dr mana ya? Untuk sebuah artikel kesehatan tolg disertai daftsr pustaka dan penelitian yg pasti,terima kasih,jangankan wordpress atau blogger,wikipedia saja sdh tidak boleh untuk dijadikan daftar pustaka

Unknown mengatakan...

Mau gajian terus min 1JUTA/HARI? yok buka www.leadermyazaria.com/almira

Kerja santai gaji boss..

Unknown mengatakan...

Sangat membantu blognya terima kasih gan...

Unknown mengatakan...

terimaksih infonya sangat bermanfaat, kunjungi http://bit.ly/2OcjNO1

Vina Lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates