Kamis, 21 Juli 2011

AYO KITA KE GREEN CANYON INDONESIA

Bukan hanya Amerika aja nih yang punya tempat wisata bernama Grand Canyon, ternyata di Indonesia juga ada tempat wisata bernama Green Canyon atau Cukang Taneuh yang jauh lebih Indah dan bagus. Green Canyon merupakan suatu aliran sungai Cijulang yang yang melintas menembus ke sebuah gua yang memiiki keindahan pesona stalaktit dan stalakmit yang tak terkalahkan. Green Canyon sendiri diapit oleh dua bukit yang terdiri dari bebatuan dan pepohonan hijau yang membentuk jurang. Objek wisata yang dipopulerkan pertama kali oleh pria berkebangsaan Perancis tahun 1993 sangat patut untuk dikunjungi. Dengan masih alaminya suasana di Green Canyon serta air sungainya yang sangat jernih, semua ini membentuk lukisan alam yang sangat mempersona.


Dimanakah letak GREEN CANYON ?
Green Canyon terletak di  Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa barat. Lokasinya lebih dekat jika kita pergi dari Pangandaran karena hanya berjarak sekitar 31 km. Jika Anda berangkat dari kota Ciamis, Anda harus menempuh jarak sekitar 130 km untuk sampai ke lokasi. Di sekitar Green Canyon juga terdapat lokasi wisata lain seperti Batukaras dan Lapangan Terbang Nusawiru.

Kapan saat yang tepat pergi kesana ?
Bagi Anda yang ingin ke Green Canyon, waktu yang tepat adalah saat memasuki musim panas karena dimusin ini arus sungai tidak deras dan perjalanan kita pun tidak akan diganggu oleh rintikan hujan.


Berapa harga tiket masuk kesana ?
1.       1.  Untuk perahu/parkir membutuhkan kocek Rp. 57.500,-.
2.       2.  Untuk pejalan kaki membutuhkan kocek Rp. 12.500/orang.

 
Bagaimana caranya kesana ?
-           -   Untuk Anda yang dari Jakarta atau Bandung, Anda bisa mengikuti rute arah Jawa Tengah dengan melalui   kota Tasik-Ciamis dan kota Banjar-Pangandaran
-           
      -   Untuk Anda dari Jawa Tengah atau jawa Timur, Anda bisa mengikuti rute kearah Jawa Barat dengan melewati jalur arah Purworejo-Kebumen- Wangon-Banjar-Pangandaran-Ciamis.
-           
      -    Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum seperti bus, tidak perlu khawatir karena para supir bus akan mengantar Anda langsung ke Grand Canyon.  


 
Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berangkat dari dermaga Cieseureuh. Lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu kayuh atau perahu tempel yang banyak terdapat di dermaga. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi dar dermaga sekitar 30-45 menit karena jaraknya yang cukup jauh sekitar 3 km. Tapi jangan cemas !! kita tidak akan pernah bosan diperjalanan karena kita akan disuguhkan oleh pemandangan pepohonan hijau yang asri dan air sungai yang berwarna hijau toska dimana warna air tesebut merupakan cikal bakal nama Green Canyon.

Ketika kita melihat jeram dengan alur yang sempit yang tidak bisa dilewati oleh perahu, maka saat itulah kita telah tiba di mulut Green Canyon dan akan terlihat dimana air sungainya yang sangat jernih bewarna kebiru-biruan. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan erenang atau memanjat tebing-tebing batu. Disana juga telah disediakan oleh perahu-perahu yang kita sewa ban atau pelampung oleh perahu-perahu yang kita sewa untuk Anda yang ingin memilih berenang. Menurut saya memilih berenang merupakan pilihan yang paling asik karena kita akan mendapatkan sensasi yang sangat seru loh !! dan jangan takut, semuanya sudah pasti aman bahkan untuk anak diatas 6 tahun. Setelah beberapa ratus berenang, mata Anda akan dimanjakan denga air terjun kecil di sisi kanan dan kiri yang menawan. Saat Anda meneruskan perjalannan,Anda akan sampai dimulut goa yang didiami oleh banyak kelelawar.


Karena jalur sungai yang sangat panjang maka Anda bisa berpuas-puas berenang. Untuk yang suka menantang adrenalin, Anda bisa melompat dari batu besar yang memiliki ketinggian 5 meter. Selain pemandangan yang sangat indah diatas air, Green Canyon juga memiliki pemandangan cantik di dalam sungainya seperti cekungan-cekungan didasar air yang bisa Anda telusuri hingga ikan-ikan cantik yang berenang kesana-kemari. Untuk para penyelam hal ini tidak mungkin Anda lewatkan, dengan membawa peralatan selam Anda,Anda sudah bisa menikmati pemandanga dasar sungainya. 


PERHATIAN
Bagi Anda yang berniat mengunjungi Green Canyon disarankan untuk membawa uang tunai dikarenakan disana tidak terdapat Bank atau ATM. Selain itu, Anda bisa menginap di hotel atau di penginapan di sekitar Pengandaran atau objek wisata Batukaras yang letaknya lebih dekat ke Green Canyon. 

  
Selamat berlibur panjang dengan keluarga tercinta dan nikmatilah pesona Green Canyon yang tidak  kalah menariknya dengan Grand Canyon. ^^

2 comments:

Admin mengatakan...

wah keren ya pemandangannya...pada indah semua..salut deh dengan alam Indonesia...

Ijin copas ya bos!

JIMMY mengatakan...

alam indonesia memang bagus dan keren-keren tapi sayang gak dikelola dengan baik, coba klo dikelola dengan baik kan pasti bisa menjadi sumber devisa negara yang besar dan menimbulkan lapangan pekerjaan di wilayah sekitar obyek wisata..

silahkan dicopas gann

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates