Minggu, 14 Agustus 2011

Soflens = Bahaya


Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kacamata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang. Softlens terbuat dari plastik yang mengandung air. Pada mulanya softlens tidak berwarna alias bening, namun dengan perkembangan zaman dan mode maka banyak bermunculan softlens yang memiliki warna-warna indah dan bahkan ada yang memiliki gambar pada softlensnya.

 
Karena perkembangan zaman dan teknologi, softlens yang awalnya berfungsi sebagai pengganti kacamata untuk penderita gangguan mata kini berubah menjadi artibut mode atau style. Banyak dari para ABG atau orang dewasa, perempuan maupun pria yang menggunakan softlens hanya untuk kepentingan gaya semata. Mungkin dengan menggunakan softlens maka kita terlihat lebih modis ataupun lebih praktis ketimbang menggunakan kacamata. Namun apa jadinya jika softlens yang kita gunakan malah bisa melukai mata kita ??.

Dari sebuah penelitian, telah terjadi peningkatan infeksi mata yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani. Penyakit infeksi ini dinamakan Acanthamoeba Keratitis. Acanthamoeba Catellani ini merupakan bakteri yang bisa berkembang di air yang terkontaminasi.Nah, kontaminasi ini biasa terjadi pada tempat penyimpanan softlens Anda.  Maka dari itu diwajibkan untuk selalu menjaga kehigienisan softlens dan tempat penyimpanan softlens Anda. 


Acanthamoeba Castellani


 
Selain penyakit yang ditimbukan oleh bakteri tadi, masih banyak lagi bahaya yang disebabkan oleh softlens. Salah satu contoh adalah banyak terjadi kebutaan permanen yang disebabkan oleh pemakaian softlen di hawa panas. Hawa panas sangat mudah untuk membuat softlens yang terbat dari plastik tipis ini mencair. Saat mencari, secara otomatis cairan plastik softlens yang panas tersebut masuk kemata dan merusak jaringan mata. Softlens yang mencair tersebut pun dalam merekat kencang pada mata dan sangat suli untuk dilepaskan. Sehingga orang yang mengalami kejadian mengerikan seperti ini sudah dapat dipastikan buta permanen.



Saat menggunakan softlens di depan komputer dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan timbulnya belekan pada mata dan lama kelamaan pandangan mata menjadi kabur. Selain itu softlens yang mengandung air ini dapat menjadi kering lalu mengambil air di permukaan mata sehingga mata kita menjadi perih dan terasa kering. Hal ini biasa terjadi di ruangan ber-AC, ruangan berhawa panas, terkena debu, dan terkena asap rokok. Hal ini memang bisa diatasi dengan meneteskan cairan softlens dan membersihkan softlens dari debu. Bagi mata yang mudah terkena iritasi disarankan untuk jangan terlalu lama menggunakan softlens.

Menggunakan softlens memang penuh dengan resiko selain juga memiliki kegunaan. Oleh karena itu banyak nasehat yang diperuntukan bagi pengguna softlens seperti :

1.  Jangan menggunakan softlens seharian karena dapat membuat mata perih dan lama kelamaan bisa mengalami gangguan penglihatan pemanen.
2.  Jangan menggunakan softlens di waktu tidur karena dapat menempel dimata bahkan tersangkut didalam kelopak mata yang berakibat membuat mata Anda sangat perih dan merah.

3.  Jangan menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa karena bisa mengandung kuman dan merusak kesehatan mata.

4.  Cucilah wadah penyimpanan softlen dan biarkan kering dengan sendirinya. Jangan dilap dengan tissue atau kain.

5.  Segera kunjungi dokter mata jika terjadi iritasi atau mata merah.

6.  Lebih baik sering-sering menggunakan kacamata dari pada softlens.

Sekian info ini saya sampaikan. Semoga berguna untuk Anda semua. Terima kasih .. ^^

16 comments:

Niiar mengatakan...

agakk sereeem iaa cz saia pernah make softLenss ....

www.geraicantiksehat.com mengatakan...

cari yang aman saja bila demikian menggunakan softlens bisa membahayakan mata. . .

salam kenal,

ika pritami
www.geraicantiksehat.com

JIMMY mengatakan...

untuk Niiar dan Ika = sebenernya boleh2 aja untuk pakai softlens tetapi kita juga harus benar-benar hati2 buat ngerawatnya agar tetap higienis karena softlens tuh rentan kotor dan rentan ditempelin bakteri

dewise mengatakan...

aku pernah pake bulan 6 bulan, emang banyak gatal dan perihnya mana aku selalu ngelap wadahnya pake tisu tiap ngebersihin karenan gak tau pas wktu itu, sereeem aku, nggak berani lagi make, terakhir make baru rabu kemaren. hiiiiii IM SCARED!

JIMMY mengatakan...

@dewise = klo mau pake jangan sering2 dan kebersihan tempat softlens dan softlensnya juga harus dijaga biar gak ada bakteri yang nempel..

Victoria Secret Flower mengatakan...

kalau aku itu selalu pilih softlens yang bermerk bagus dan mahal. bukan buatan cina yg murah meriah. belinya pun di toko kacamata karna aku min 4,5 juga. udah 5 tahun aku pakai softlense,alhamdulillah baik-baik aja. karna jaga kebersihan dan gak terlalu kena asap dan dekat api juga.

shinta tobing mengatakan...

Bahaya gak klau pake soflen yg jangka waktunya 6 bulan tapi masih dipakai lagi ?

Fadriza Az Zahra mengatakan...

aku setiap hari pake soflens .. tapi pulang sekolah gk ku pakai lagi ..

Fadriza Az Zahra mengatakan...

bahaya tuh .. kn udh kadaluarsa

M.habib hoyrul falah mengatakan...

ihhhh atutt bangettt,, w mah ga suka ngeliat orang yg pake soplen ihh jiji ngeliatnya pengen nabok

Heny Anisa Rahayu mengatakan...

aku baru pasang softlens, tau tau rasanya pedihh banget, ternyata softlensnya masuk.keopak mata.. padahal ga aku pake tidur.. untung bisa aku lepas setelah pijit kelopak mata ke arah bawah.. ngeriiii pake lagi >.<

tri mentari mengatakan...

waaahhhh,,
aku termasuk salah seorang yang memakai softlense hampir setiap hari dan memakan waktu yang lumayan lama dlm waktu pemakaian nya, Karna pakai softlense itu cukup membantu buat mata aku yang myopi. Karna kalo pakai kacamata itu gak nyaman, menggangggu aktifitas,,
tapi low tau sampai segitu bahayanya,,
kekny harus pikir ulang dan harus membiasakan lagi ni pakai kacamata.
thanks info nya..

Spexsymbol Online mengatakan...

Spexsymbol Online menjual berbagai macam koleksi softlens warna terlengkap & termurah, mulai dari merk Softlens X2, Softlens ICE, Softlens a+. Semua produk softlens yang kami jual memiliki ijin KEMENKES dari RI.

Silahkan kunjungi website kami di www.spexsymbol.com Dapatkan Freegift, Free Voucher 25K & Free Shipping ke seluruh wilayah Indonesia untuk pembelian Softlens di Spexsymbol

Natalia Febiola mengatakan...

Aku pernah pakai soalnya mataku mines. lalu pas waktu itu mau pergi sembayang, klo ke gereja biasanya pakai soalnya ga lama juga misanya. Tapi pas aku pasang, aku liat ke cermin kok udah ga ada di mata? Aku awalnya kira jatuh, pas ga sengaja aku lirik rupanya mau masuk ke bola mata dalam. Aku panik, mau minta tolong ga ada orang di rumah. Mau nangis juga sambil usaha ambil softlens itu. Ya sempat bilang gini juga, "iiii Tuhan, ngapa gini? Tolong bantu..." lalu akhirnya bisa ke ambil juga. Habis kejadian itu aku langsung buang semua softlens. Dan balik pakai kacamata. Sumpah, ga mau pakai lagi. Itu teguran Tuhan kali buat aku..

Natalia Febiola mengatakan...

Aku pernah pakai soalnya mataku mines. lalu pas waktu itu mau pergi sembayang, klo ke gereja biasanya pakai soalnya ga lama juga misanya. Tapi pas aku pasang, aku liat ke cermin kok udah ga ada di mata? Aku awalnya kira jatuh, pas ga sengaja aku lirik rupanya mau masuk ke bola mata dalam. Aku panik, mau minta tolong ga ada orang di rumah. Mau nangis juga sambil usaha ambil softlens itu. Ya sempat bilang gini juga, "iiii Tuhan, ngapa gini? Tolong bantu..." lalu akhirnya bisa ke ambil juga. Habis kejadian itu aku langsung buang semua softlens. Dan balik pakai kacamata. Sumpah, ga mau pakai lagi. Itu teguran Tuhan kali buat aku..

Jenifer Jilian mengatakan...

I think that the more interesting your blog must be updated for each day so that all readers satisfied with the blogs that you create, and it does not mean your blog is not good, this is good, thank you
http://www.sanadomino.com/

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates