Jumat, 28 Oktober 2011

Sejarah Munculnya Narkoba


Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Narkoba merupakan salah satu jenis obat penghilang rasa sakit yang sering disalahgunakan oleh manusia. Narkoba yang awalnya digunakan untuk obat bius saat operasi, sekarang ini banyak digunakan untuk menenangkan pikiran dan mendapat kesenangan dengan dosis yang besar. Istilah Narkotik atau narkotika sendiri merupakan dari bahasa Yunani yang artinya Klenger (Teler). Yaa mungkin kata itu diambil karena memakai narkoba secara berlebihan akan mengakibatkan pengguna menjadi teler dan berhalusinasi. 
buah opium
serbuk sari bunga opion
 Di Sumeria pada tahun 2000 SM, telah dikenal serbuk sari bunga Opion (Opium) atau candu atau biasa di sebut “Hul Gill” yang artinya Obat Yang Menggembirakan yang oleh masyarakat Sumeria. Hul Gill ini banyak tumbuh didaerah pegunungan dan dataran tinggi. Pada saat itu, serbuk sari ini sudah diketahui memiliki fungsi sebagai obat tidur atau obat penghilang rasa sakit saat dihirup. Orang zaman dahulu pun menggunakan serbuk sari ini sebagai obat bius bagi seseorang yang mengalami luka serius agar dia tidak merasa sakit saat di obati dan juga digunakan sebagai obat tidur. Selain itu, serbuk sari bunga Opion ini digunakan sebagai racun untuk berburu karena bisa membuat sang mangsa tertidur.

Opium inilah yang merupakan bahan dasar dari pembuatan narkotika. Pada zaman dahulu, ahli medis Hippocrates, Plinius, Theophratus, dan Dioscrorides menggunakan opium untuk kebutuhan medis terutama bagian pembedahan. Pada tahun 1805, morfin diperkenalkan sebagai pengganti dari opium yang merupakan candu mentah. Penggunaan candu yang berlebihan akan mengakibatkan ketagihan dan sesak. Hampir 100 tahun orang eropa barat menyebut candu ini sebagai barang haram. Namun, candu mentah atau opium ini hanya digunakan untuk pengobatan hingga Ratu Elizabeth 1 menyadari kelebihan opium dan membawanya ke Inggris. Di India dan Persia, candu diperkenalkan oleh Alexander The Great pada 330 SM. Candu ini digunakan untuk bumbu masakan yang bertujuan untuk relaksasi. 
narkoba jenis morfin

Pada tahun 1680, seorang ahli farmasi bernama Thomas Sydenham mulai memperkenalkan Sydenham’s Laudanum yaitu penggunakan morfin dengan di campur oleh Herba dan Anggur. Ditahun yang sama, Belanda mempopulerkan menggunaan pipa tembakau untuk menghisap morfin. Penggunaan jarum suntik diperkenalkan oleh Dr. Alexander Wood, penggunaan jrum suntik diyakini lebih mudah dan juga efek biusnya lebih cepat 3x lipat karena morfin langsung menuju ke darah. Pada 1874, peneliti C.R. Wright mulai mengubah struktur molekul morfin dan mengubahnya menjadi obat yang kurang menyebabkan ketagihan yang kini kita sebut Sintesis Heroin (Putaw) dengan cara memanaskan morfin.
penggunaan narkoba dengan jarum suntik
penggunaan narkoba dengan cara dibakar

“Penyebaran Narkoba”

Peredaran opium pada abad 19 ini sangatlah berkembang di negara Amerika dan Eropa. Pengekspor opium terbesar ke Amerika adalah Turki. Selain karena penggunaannya yang serampangan di dunia medis, opium sangat mudah di temukan di Amerika dalam bentuk Tonikum atau vitamin cair. Celaka, saat itu opium ini sudah termasuk jenis obat yang sudah di patenkan sehingga menjadi legal. Ironisnya para pecandu morfin ini kebanyakan adalah tentara-tentara yang terluka saat perang dunia 1.


Pada tahun 1878, kerajaan Inggris mengeluarkan undang-undang untuk mengerem atau menghentikan penjualan candu karena efek dari kecanduannya itu. Pada tahun 1906, Amerika pun turt serta dalam membuat undang-undang yang meminta farmasi memberikan label yang jelas untuk setiap kandungan dari obat yang mereka produksi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya kadar opium dalam obat tersebut. Karena peraturan tersebut sama sekali tidak mempan, maka St. James Society menawarkan sample cuma-cuma untuk para pecandu dengan tujuan menghilangkan ketagihan dan mengurangi jumlah pecandu heroin yang tak terbendung. Pada tahun 1914, dibuatlah peraturan dimana setiap pemakai dan dan penjual narkoba diwajiban untuk membayar pajak, mengatur regulasi penjualan narkotika, melarang memberikan narkotika pada pecandu yang tak ingin sembuh, menahan paramedis dan menutup tempat rehabilitasi. Pada 1923, Amerika melarang penjualan segala bentuk narkotikaterutama heroin, namun para pecandu masih bisa membelinya di pasar gelap. Pasar gelap yang pertama dibangun adalah di Chinatown, New york.

perkebunan opium


“Efek Narkoba”

1.       Halusinogen          = sang pengguna akan merasakan halusinasi seperti melihat benda atau sesuatu hal yang sebenarnya tidak ada.

2.       Stimula                  = kerja organ tubuh menjadi lebih cepat seperti biasa (doping) sehingga seseorang merasa lebih bertenaga dan gembira beberapa waktu

3.       Adiktif                   = sang pecandu menjadi bersifat pasif karena memutuskan saraf-saraf otak, lambat laun otak akan rusak dan mengalami kematian.


para pengguna narkoba jenis methaphetamin
ciri pengguna narkoba
 “Tanda-Tanda Pengguna Narkoba”

1.       Fisik       = berat badan turun drastis, tengan penuh dengan bintik-bintik akibat suntikan, mata terlihat cekung dan merah, bibir menjadi menghitam, mengeluarkan keringan yang berlebihan, batuk atau pilek yang berkepanjangan, dan wajah menjadi kusam.

2.       Perilaku  = suka mencuri, selalu kehabisan uang, cuek, malas, takut akan air, sering berbohong, sering marah, BAB dan buang air kecil menjadi kurang lancar tiba-tiba, sakit perut tanpa alasan yang jelas, sering mengalami mimpi buruk, 

3.       Emosi     = sangat sensitif, mudah marah, nafsu makan naik turun.


Sekian dulu artikel dari saya, semoga bermanfat untuk menambah ilmu dan juga menghindari diri dari bahaya narkoba. INGAT HINDARI DIRI ANDA & KELUARGA DARI NARKOBA !!!

TERIMA KASIH

17 comments:

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas sharingnya , semoga bermanfaaat untuk kita semua.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

JIMMY mengatakan...

to eja = iya sama2 terima kasih juga yaa udah mampir

Punya.Tia mengatakan...

hiiiiii..... serem amat!!!
btw, nice post gan...


salam,
Stylish Generation

adeline mengatakan...

jargon: say no to narkoba...
hahaha

Unknown mengatakan...

nice artikel

JIMMY mengatakan...

to Tya = terima kasih yaa udah mampir, hati2 sama bahaya narkoba yaa :)

to adeline = betul tuh, musti hati2 sama narkoba. BTW thanks udah mampir

to Royan = makasih bos udah mampir ^^

Siswanto mengatakan...

wah seneng baca sejarah narkotika. seru banget bang. Sebelumnya aku juga posting sejarah candu di blog ku. jadi nyambung ya :) trims ya bro

JIMMY mengatakan...

to siswanto = hehhe iya tadi juga saya komen di artikelnya, thanks udah mampir

Siswanto mengatakan...

update lg dong bang jimmy. ahahayyy. seruuuuu

JIMMY mengatakan...

to siswanto = hehhe iya nanti klo ada info terbaru tentang narkoba, bakalan ane bikin artikel lagi yaa :D

Unknown mengatakan...

mas gmn kl dikasih link downloadnya???...
dalam bentuk PDF ato Word gitu...

yunia wulan sari mengatakan...

keren! :)

Anonim mengatakan...

say NO to narkoba

Unknown mengatakan...

Top bnget blogx gan i like it

Nafisah mengatakan...

Terimakasih ilmunya :))

Abzalom mengatakan...

Benci saya kalo lihat narkoba 😑 tapi sedih kalo lihat pemakainya 😒.

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat artikel nya, jangan lupa SHARE dan KUNJUNGI juga website MP3 kami CAHAYAMP3 Silahkan KLIK komentar ini untuk mengarah ke website kami terima kasih atas kunjungan andaπŸ˜ŠπŸ€—.. semoga sukses selalu pak

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates