Rabu, 05 Oktober 2011

Bahaya Bakteri Di Kaki Berkeringat


Setiap orang pasti pernah merasakan timbulnya keringat pada kaki apalagi jika menggunakan sepatu yang tertutup dalam waktu lama. Keringat pada kaki ini timbul karena efek panas karena tertutup sepatu yang mengakibatkan kurangnya sirkulasi udara sehingga menimbulkan keringat, dan membuat kaki serta sepatu bagian dalam menjadi lembab. Hampir semua orang yang menggunakan sepatu tertutup hanya dalam waktu >4 jam akan mengalami keringat kaki, terutama dikawasan tropis yang panas. Karena terjadinya kelembapan inilah sehingga kaki menjadi tempat yang idel untuk perkembangan jamur dan bakteri.


Keringat kaki ini timbul karena adanya penetralan suhu tubuh bagian kaki yang memanas karena tertutup sepatu. Namun terdapat pula ketidaknyamanan yang timbul pada bagian lipatan-lipatan kulit kaki. Selain itu ada bahaya lain yang timbul seperti bau yang tidak sedap pada kaki yang sering kita rasakan saat membuka sepatu. Bau kaki tersebut bukan disebabkan oleh keringat, tetapi disebabkan oleh bakteri dan jamur.
bersihkan kaki yang basah dengan handuk yang kering

Jamur dan bakteri ini pada dasarnya normal saja dan tidak berefek buruk untuk tubuh jika jumlah perkembangannya pun normal. Namun, jika terdapat kondisi yang lembab dan panas seperti di kaki yang tertutup, bakteri dan jamur ini akan tumbuh dengan cepat dan bisa menimbulkan masalah untuk tubuh. Jamur dan bakteri ini pun bisa menular dengan cepat hanya dengan bersentuhan fisik. Cara penularannya pun bisa dengan: memakai sandal atau sepatu yang sama dengan orang lain, dan meminjam handuk yang dipakai oleh orang lain.
salah satu contoh penyakit akibat bakteri dan jamur dikaki

Selain menyebabkan bau tidak sebab, bakteri dan jamur yang berlebih di kaki ini juga bisa membuat kulit pecah-pecah, timbul biang keringat, gatal-gatal pada kaki, dan juga timbul penyakit-penyakit dikaki lainnya. Oleh karena itu, dibawah ini terdapat tips untuk mencegah meningkatnya bakteri dan jamur dikaki.

Tips Mencegah Meningkatnya Bakteri dan Jamur Dikaki :

1. Selalu memcuci kaki dengan sabun antiseptik sehabis mengenakan sepatu atau sebelum tidur.
2. Setelah mencuci kaki, keringkan dengan handuk sampai benar-benar bersih terutama disela-sela jari jemari agar tidak ada sisa air dikaki.

3. Sesering mungkin untuk menggunakan bedak anti septic jika ingin memakai sepatu. Bedak ini berfungsi untuk membunuk bakteri dan jamur, dan juga berfungsi untuk memberi efek menthol yang segar kepada kaki sehingga kaki terasa dingin.
4. Jika ingin mengenakan sepatu tertutup usahakan menggunakan kaus kaki yang benar-benar kering dan bersih agar tidak menimbulkan lembab.

5. Gunakan sandal saat ke kamar mandi atau ke tempat-tempat yang berair atau lembab.


6. Jangan terbiasa meminjam atau bertukar alas kaki atau handuk dengan orang lain.


Sekian dulu artikel dari saya ini, semoga tips dan artikel saya ini bisa bermanfaat buat para pembaca.
TERIMA KASIH

S

3 comments:

jamal lewinsky mengatakan...

wah artikelnya bagus nih,..
cocok buat gw yang suka masalah sama bau kaki....
thanks yaa

JIMMY mengatakan...

to jamal = hehe makasih juga ya udah komen di artikel saya :)
seneng deh klo bisa bermanfaat buat anda..
silahkan mampir ke artikel yang lain siapa tau ada yang bermanfaat buat anda juga ^^

Velisiana17MS mengatakan...

kenapa gak ada nama bakteri penyebabnyaaa??????????? :<

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates