Selasa, 25 Oktober 2011

Cerita Dibalik Logo dan Maskot Sea Games 26th


Kalian semua pasti sudah tau dong tentang logo dan maskot SEA GAMES ke 26 yang bakalan diadakan di Jakarta dan Palembang nanti ??? Yup bener banget, untuk logo yang digunakan pada SEA Games ini adalah Burung Garuda yang merupakan lambang negara kita tercinta ini. Burung Garuda ini dipilih bukan hanya karena sebagai lambang negara kita tetapi juga dipilih karena Burung Garuda secara fisik melambangkan kekuatan dan kepakan sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Di samping itu, Burung Garuda juga dikenal karena keindahannya dan terdapat di seluruh dunia. Dimana seperti halnya Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia karena alam dan budayanya yang beragam.

Selain itu, jika kita liat gambar dari logo SEA Games 2011 telihat ada guratan dengan tinta hijau di bagian atas yang berbentuk gunung. Nah, guratan ini sebagai simbol bahwa alam Indonesia di dominasi oleh pegunungan yang Indah (seperti yang kalian tau kalau Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung terbanyak). Warna hijau yang dipakai pada guratan untuk mempresentasikan bahwa alam Indonesia sangatlah hijau dan subur. 

Gak Cuma guratan di bagian atas aja, dibagian bawah juga terdapat guratan berwarna biru yang berbentuk seperti aliran air. Guratan ini melambangkan bahwa Indonesia memiliki lautan yang sangat luas dan juga sebagian besar negara Indonesia berbatasan langsung dengan lautan. Pemilihan warna biru disamping melambangkan warna air, warna biru juga dipilih lantaran lautan Indonesia yang luas merupakan lautan yang sangat jernih dan di beberapa bagian lautan telah diakui oleh dunia memiliki air laut terjernih. Warna merah yang berbentuk kepala Garuda, selain mempresentasikan salah satu warna bendera kita, juga melambangkan keberanian para atlet Indonesia Loh !.

Logo Sea Games 2011


Bukan hanya logo SEA Games 2011 aja nih yang menarik tetapi juga maskotnya yang sangat menarik dan lucu. Seperti yang kalian ketahui jika terdapat suatu pertandingan olah raga, pasti akan ada sebuah maskot yang biasanya di inspirasi dari satu jenis binatang yang melambangkan atau terdapat di negara tersebut. Begitu juga yang terjadi di Indonesia.

Maskot SEA Games 2011 kali ini adalah Modo dan Modi yang merupakan sepasang hewan komodo. Hewan komodo dipilih lantaran hewan ini merupakan hewan endemik Indonesia dan hanya terdapat di wilayah Indonesia yaitu Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara. Selain itu, hewan komodo juga dipilih lantaran sudah hampir punah, jadi maskot ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat dunia untuk melestarikan kadal purba terbesar di dunia ini. Denger-denger juga sih kan Taman Nasional Komodo diikut sertakan dalam New7Wonders of Nature kan ?? jadi komodo ini dipilih juga dengan tujuan masyarakat Indonesia baik dunia internasional memilih Taman Nasional Komodo untuk menjadi 7 keajaiban dunia (itung-itung promosi gratis lah ^^).

Tuh mirip kan sama komodo asli ??

 
Modo merupakan nama komodo jantan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia bewarna biru dan memakai selempang dengan motif batik. Modi merupakan komodo betina yang memakai baju tradisional Indonesia yaitu kebaya berwarna merah dan menggunakan sarung batik serta selendang. Penggunaan nama “MODO” juga diambil dari singkatan KOMODO dan “Modo-Modi” di ambil dari kata “Pemuda-Pemudi”. Modo-Modi ini memiliki sifat yang pekerja keras, jujur, adil, bersahabat, sportif, dan talk less do more.

Selain itu Modo-Modi juga sangat positif dan ramah yang mencerminkan sifat warga Indonesia yang ramah dan positif yang diharapkan dapat melestarikan keharmonisan persahabatan dan kerja sama diantara atlet-atlet lain sesama anggota peserta. Pengadaan maskot ini selain untuk menyemarakkan perlombaan juga untuk menyemangati para atlet yang bertanding.

sebelah kiri adalah maskot MODO-MODI-sebelah kanan MODO-MODI yang asli
Nah.. berhubung juga penyelegaraan SEA Games kali ini di Indonesia, bakalan mudah juga buat kita-kita untuk mendukung tim Indonesia. Mudah-mudahan juga bisa jadi juara umum, kan mainnya di negeri sendiri. Saya rasa, sebagai warga Indonesia, kita wajib member dukungan untuk tim atau para atlet kita yang berlaga. Cara dukungnya sih terserah masih-masing orang, bisa datang langsung ke stadion, teriak-teriak di depan tv pas pertandingan, atau juga komen-komen yang membakar semangat via jejaring sosial seperti facebook.

Oiya, di facebook sendiri juga banyak juga lho grup atau fan page pendukung Indonesia, salah satu yang saya temui SEA Games XXVI, INDONESIA JUARA atau bisa diakses langsung di link ini : http://www.facebook.com/pages/SEA-Games-XXVI-INDONESIA-JUARA/289673517712479, cukup “like” untuk bergabung dengan grup ini, mudahkan. Selanjutnya, sampaikan deh pesan-pesan dukungan Anda via fan page SEA Games tadi. Ayo kita dukung tim Indonesia.  

7 comments:

eMingko mengatakan...

infonya menarik :) setiap logo/icon/maskot psti mmlki sbuah arti trsndri...
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

admin mengatakan...

seniman yang membuat maskotnya siapa?

JIMMY mengatakan...

to eMingko = pastinya semua logo dan maskot gak mungkin dibuat sembarangan, pasti ada arti yang tersirah dari setiap gambar dan coratan, bahkan warna dan bentuk tulisannya... maskotnya pun juga harus memiliki arti dan maksud tersendiri..

to admin = maskotnya dibuat oleh seorang pengrajin asal lembang yang namanya Lukman Gumilar berusia 30 tahun.. nih ada beritanya http://www.pikiran-rakyat.com/node/160734

Aji Supeno Bagus Syam mengatakan...

nanti ketika SeaGames berlangsung, Banyak Turis akan berkunjung ke Punti Kayu (Kebun Binatang di Palembang), Mereka mau melihat Komodo, tapi ternyata gak ada seekor pun disana, melainkan hanya Biawak.
Punti kayu perlu Impor lokal Komodo kayaknya.

JIMMY mengatakan...

to aji = wah masa gak ada disana??? wah berarti komodo harus di kirim ke setiap kebun binatang di seluruh indonesia tuh..

makasih yaa udah mampir ^^

jimmy63 mengatakan...

semoga indonesia menang di sea games deh biar gak mau2in..

JIMMY mengatakan...

to jimmy 63 = amien, semoga menang..

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates