Senin, 10 Oktober 2011

Tips Memilih Tempat Tinggal


Memilih tempat tinggal sangatlah penting jika kita ingin merasa nyaman dan tentram untuk tinggal dalam rumah sendiri. Banyak hal yang wajib kita perhatikan disaat akan membeli rumah atau apartemen yang akan kita tinggali tersebut. Keamanan dan juga kenyamanan baik dari faktor lingkungan masyarakat ataupun di dalam rumah merupakan hal pokok yang perlu diperhatikan. 

Bagi Anda yang merupakan orang pekerja, sebisa mungkin carilah tempat tinggal yang tidak jauh dari kantor atau carilah tempat tinggal yang memiliki akses mudah ke kantor. Untuk memilih tempat tinggal yang sesuai keinginan Anda, perlu beberapa tips nih sebelum Anda membuat keputusan untuk membeli rumah atau apartemen tersebut :



1.  Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal


Kebersihan lingkungan merupakan hal yang terpenting yang perlu diperhatikan dari sebuah tempat tinggal. Ingat bersih adalah pangkal dari kesehatan, jadi jika suatu lingkungan tempat tinggal bersih maka bisa dilihat lingkungan tersebut sehat pula. Faktor kebersihan tempat tinggal ini pun sangat penting karena mengingat Anda dan keluarga Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berdiam di rumah.  Yang diperhatikan untuk mengetahui lingkungan terebut bersih atau tidak, perhatikanlah kondisi saluran air atau gotnya, apakah mampat dan banyak sampahnya atau tidak. Selain itu perhatikan rumah-rumah disekitar apakah kondisinya jorok atau tidak. Dan juga perhatikan jarak antara rumah dengan tempat pembuangan sampah, apakah terlau dekat atau tidak.

2.  Pemandangan Sekitar Tempat Tinggal


Anda pasti lebih senang kan jika tempat tinggal Anda memiliki pemandangan yang indah seperti banyaknya pohon dan juga taman-taman. Pemandangan-pemandangan indah ini bisa sangat baik buat kesehatan badan dan juga pikiran. Seperti halnya taman yang memiliki banyak pepohonan sangat baik sebagai penjaga kualitas udara, dan juga menyegarkan pikiran Anda. Pepohonan ini juga bisa menghindari diri dari bahaya polusi udara.

3.  Kemudahan Transportasi

Jika Anda bukanlah seseorang yang memiliki kendaraan pribadi, alat transportasi umum merupakan bagian terpenting untuk pergi kemana-mana. Jika Anda ingin nyaman dan juga mudah untuk bepergian kemana saja, tentulah Anda membutuhkan alat transportasi umum yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda memcari tempat tinggal yang dekat jaraknya dengan alat transportasi umum seperti dekat dengan pangkalan ojek, dekat dengan stasiun kereta, atau dekat dengan jalur angkot atau busway untuk di wilayah Jakarta.

4.   Bebas Banjir

Bebas banjir merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah. Jika tempat Anda sering mengalami kebanjiran, dapat dipastikan rutinitas Anda akan sangat terganggu. Belum lagi jika banjir masuk kedalam rumah Anda dan menggenangi barang-barang Anda, sudah pasti banyak biaya untuk membersihkan barang-barang tersebut belum lagi jika barang-barang tersebut menjadi rusak. Oleh karena itu pilihlah lokasi tempat tinggal yang tidak rawan banjir dan juga tidak terlalu dekat denga sungai besar.

5.  Kondisi Jalan

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, mengetahui kondisi jalan yang baik memang perlu agar kendaraan Anda tidak mudah rusak. Kondisi jalan yang baik ini seperti tidak ada lubang-lubang yang terdapat dibadan jalan yang terkadang bisa merusak kendaraan bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Selain itu adalah sempit tidaknya badan jalan didaerah tempat tinggal Anda, karena jika terlalu sempit maka kendaraan Anda seperti mobil sudah pasti tidak bisa diparkir di dekat rumah.

6.  Lingkungan Tetangga

Lingkungan tetangga memang terkadang sering kita abaikan, namun sebenarnya lingkungan tetangga sangatlah penting untuk memberi kenyamanan kita tinggal. Seperti contoh jika Anda merupakan orang yang tidak suka keributan dan suka akan ketenangan, Anda pasti tidak akan betah jika tinggal di lingkungan yang ramai dan juga bertetangga dengan orang yang selalu berisik dan ramai. Oleh karena itu, pahami lingkungan tetangga Anda, apakah mereka orang yang ramah dan menghormati satu sama lain atau kah tipe tetangga yang selalu ramai.

7.  Lingkungan Yang Strategis
Memiliki lingkungan tempat tinggal yang strategis dari mana saja dapat memudahkan kita untuk kemanapun dengan lebih efisien dan hemat waktu. Strategis atau tidaknya tempat tinggal Anda memang tergantung dari diri Anda sendiri. Anda dapat menentukan sendiri apakah tempat itu strategis atau tidak dengan melihat apakah tempat tinggal Anda dekat dengan kantor, atau dekat dengan tempat yang sering Anda kunjungi, atau dekat jaraknya dengan tempat tinggal teman atau keluarga Anda.

8.  Ketersediaan Fasilitas Umum

Fasilitas umum seperti rumah sakit, apotek, tempat berbelanja, sarana olah raga, ataupun fasilitas lainnya yang terletak dekat dengan  lingkungan tempat tinggal akan bisa mempermudah Anda jika terjadi apa-apa atau dan juga berbelanja. 

9.  Pelayanan Listrik, Air, dan Telepon

Layanan seperti di atas merupakan kelengkapan rumah tangga dan sangat penting untuk diperhatikan. Tinggat kepuasannya pun harus Anda perhatikan dengan menanyakan tentang pelayan diatas kepada tetangga dekat rumah Anda. Anda tentu saja tidak mau tinggal ditempat yang sering mati lampu kan??

10.  Bangunan Tempat Tinggal

Setelah melihat lingkungan-lingkungan disekitar tempat yang akan Anda tinggali, sekarang kita harus melihat kondisi bangunan tempat tinggal Anda. Mengetahui baik-buruknya pembuatan rumah mulai dari dinding hingga atapnya sangat penting untuk mencegah kecelakaan kepada Anda dan keluarga yang diakibatkan bangunan yang sudah tidak layak tinggal. Kita dapat melihat kondisi atap rumah apa ada yang bocor ata tidak, kondisi langit-langit rumah dan kayu yang masih bagus atau tidak, kondisi dinding yang masih kokoh atau sudah rapuh, merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan dirumah. Anda pasti tidak mau membeli rumah yang sudh mau roboh untuk ditinggali.

Sekian lah tips memilih tempat tinggal ini dari saya. Semoga tips ini bisa membantu Anda untuk membeli rumah idaman Anda yang aman dan nyaman.  

6 comments:

Aji Prast mengatakan...

Bagus banget infonya. Tempat tinggal harus nyaman, aman, dan sehat, jadi ada banyak hal yang harus diperhatikan.. seperti poin-poin di atas itu.

eMingko mengatakan...

enak di desa kyak saya, rumah mewah [mepet sawah] hahaha.... jgn lupa mampir ke eMingko Blog

JIMMY mengatakan...

to aji = iya bener klo nyaman, aman, dan sehat kan kita juga jadi betah dan sehat tubuhnya..
terima kasih yaa bang aji udah komen ^^

to emingko = klo didesa mah udah pasti mepet sawah, tapi kan bersih udaranya jadi badan jga sehat ^^
oke aku mampir nih

Imam Ramadhan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Imam Ramadhan mengatakan...

memilih tempat tinggal juga harus di perhatikan dengan seksama.. nice info gan
harga rumah

Renaldi mengatakan...

Lagi nyari hunian strategis dan nyaman di pusat kota? Ya green pramuka city lah solusinya! Baca artikel reviewnya Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota di http://renseo.blogspot.com/2016/06/Green-Pramuka-City-Hunian-Strategis-dan-Nyaman-di-Pusat-Kota.html

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates