Kamis, 29 Maret 2012

Makanan Yang Harus Dicicipi di Korea


Beberapa makanan khas Korea
Korea adalah salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi. Selain terkenal karena pengaruh Hallyu Wave dan tempat wisatanya, Korea Selatan juga terkenal akan makanannya yang memiliki ciri khas dan juga kaya akan warna. Makanan di Korea terkenal sangat sehat lantaran banyak makanan yang terbuat dari sayuran segar.  

Makanan Korea adalah salah satu alasan mengapa saya sangat ingin pergi dan berwisata ke Korea Selatan. Walaupun di Indonesia sudah banyak restoran-restoran yang menyediakan menu makanan  Korea, namun menurut saya pengalamannya tidak akan sama jika dibandingkan dengan mencicipi makanan Korea langsung dari negaranya. 

Dalam event TOUCH KOREA TOUR yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization Indonesia ini pun saya ingin memnjelaskan tentang makanan Korea apa saja yang ingin saya cicipi.

Cicipilah Makanan di bawah ini jika berada di Korea :

1.       Japchae

Menu Japchae khas Korea
Japchae ini merupakan makanan khas Korea berupa mie sohun yang dimasak bersama sayur-sayuran dan juga daging sapi atau ayam. Saya tertarik untuk mencoba Japchae lantaran bahan mie soun yang berbeda dari mie soun Indonesia dan juga karena saya pernah membaca tentang sejarah munculnya masakan Japchae di Korea. 

Japchae pertama kali diperkenalkan saat seorang juru masak kerajaan membuatnya pada saat acara pesta besar di Istana. Raja Gwanghaegu dari Dinasti Joseon yang saat itu sedang memerintah kerajaan pun sangat menyukai rasa dari Japchae tersebut. Alhasil masakan Japchae itu pun mulai merebak dan menjadi terkenal di Korea.  Mie soun yang digunakan untuk bahan Japchae ini terbuat dari ubi jalar berbeda dengan mie soun Indonesia yang terbuat dari sagu.

2.       Hotteok

Bentuk Hotteok setelah matang
Saya adalah penggemar makanan manis, oleh karena itu jika saya pergi ke Korea saya akan mencoba untuk mencicipi jajanan pasar Hotteok. Hotteok ini sangat terkenal di Korea sebagai cemilan saat musim dingin. Pancake ala Korea ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan susu dan diisi campuran gula cokelat, madu, gilingan kacang tanah, dan aroma kayu manis. Walaupun terlihat tidak begitu eksklusif namun saya akan sangat senang jika bisa membeli Hotteok dipinggir jalan dan menikmatinya bersama warga Korea.

3.       Seolleongtang

Sup Seolleongtang
Seolleongtang adalah sup yang populer di Korea. Saking terkenalnya, ada restoran yang sengaja hanya menyediakan menu ini. Selain itu untuk memasakan sup ini dibutuhkan waktu berjam-jam karena harus merebus tulang sapi (kaki atau buntut sapi). Dimasaknya harus berjam-jam agar semua kalsium terlepas dan sampai tulangnya berwarna putih yang khas. Sup ini biasanya banyak dimasak pada saat musim dingin. Karena sangat populer dan juga membutuhkan waktu lama untuk memasaknya, sup ini terdengar sama spesial buat saya. Inilah yang membuat saya sangat ingin menyantap satu mangkuk sup Seolleongtang.

Tiga masakan tadilah yang sangat-sangat ingin saya cicipi jika saya berhasil memenangkan lomba blogger Touch Korea Tour ini. Saya bisa membayangkan jika akan sangat menyenang bisa menikmati tempat wisata Korea Selatan sambil menyantap ketiga menu diatas. 

TERIMA KASIH
 
SUMBER GAMBAR :



      http://www.koreataste.org/mp/wp-content/uploads/2011/03/Seolleongtang_0021.jpg                                    

4 comments:

jimmy63 mengatakan...

sepertinya hotteok enak tuh klo dimanakan barengan kopi atau teh heheh

JIMMY mengatakan...

to jimmy63 = hahahha pastinya apalagi pas ujan2 dingin

Rahmat Rusdianto mengatakan...

wah Japchae bentuk mie sounnya kayak pho ya gan, hehehe… jadi pengen coba Japchae deh, kira2 di Indonesia ada resto Korea yang jual Japchae nggak ya gan? Lagi ikutan lomba Touch Korea Tour ya gan, semoga menang ya dan bisa coba Japchae nanti kalo pergi ke Korea.. saya titip ya oleh2 Japchae nya, hehehe

blogwalking ya dari http://review-newgadget.blogspot.com/ mohon kunjung dan follow balik ya ke blog saya, thanks :)

JIMMY mengatakan...

to rahmat rusdiantoro = hooh bener, mienya lebih gak terlalu kenyal jadi enak ditelennya.. hehe

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates