Senin, 30 Januari 2012

Faktor Utama Kegagalan Orang Pintar


Seperti halnya kesuksesan, setiap orang pun bisa mengalami kegagalan! Tak terkecuali orang-orang jenius yang kecerdasannya mendekati sempurna. Karena, memang tak ada jaminan bahwa orang pintar akan selalu sukses. Makanya, jangan heran, jika Anda menemui rekan sekolah Anda yang dulu dikenal pandai dan cerdas namun akhirnya hanya merutuki nasib karena masa depannya yang suram! Apa penyebabnya? Di luar nasib dan faktor ‘lucky’, banyak hal yang bisa memicu kegagalan orang-orang pintar. Namun, berdasarkan wawancara dan survei yang dilakukan pada 200 orang pintar di Amerika, ada enam hal penting penyebab kegagalan bagi mereka.

1.       Terlalu Menganggap Dirinya Hebat








Tidak dipungkiri bahwa orang yang pintar dalam satu hal adalah orang yang hebat. Orang pintar juga selalu dipandang hebat oleh orang lain. Namun, jika orang pintar sangat membanggakan kepintarannya dan pada akhirnya menjadi orang yang sombong dengan menganggap dirinya paling hebat, itu akan menjadi bumerang baginya. Mengganggap diri sendiri sangat hebat akan membuat seseorang tidak bisa menerima kritikan atau masukan dari orang lain. Hal inilah yang menyebabkan orang pintar gagal karena walaupun hebat dia tidak memiliki kemajuan karena dia hanya melihat kelebihannya sendiri. Sepintar apapun manusia, hal yang terpenting adalah mau menerima masukan dari orang lain, karena tidak mungkin kita bisa melihat kekurangan diri kita secara utuh.

2.       Terlalu Memperhitungkan Banyak Hal


Orang pintar biasanya takut untuk mengambil resiko. Oleh karena itu mereka terlalu banyak memperhitungkan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu. Walaupun memperhitungkan baik-buruk dalam melakukan sesuatu hal adalah sifat yang baik. Namun bila terlalu banyak yang dipikirkan sebelum memutuskan sesuatu, hal inilah yang akan membuat orang ini tidak akan mencapai kemajuan. Perlu diingat terkadang resiko yang kita dapat itu merupakan sebuah pelajaran yang membuat kita lebih pintar dan lebih tegar.

3.       Tidak Mempraktekan Ilmunya

Pengetahuan yang dimiliki oleh orang pintar sangatlah luas. Namun mengapa mereka bisa gagal? Hal ini dikarenakan karena walaupun mereka memiliki kepintaran yang luas mereka tidak pernah mempraktekan hal tersebut karena kebanyakan dari mereka bersifat teoritis. Jika memiliki pengetahuan lebih, alangkah baiknya jika kita mempraktekannya karena ilmu yang tidak dipraktekan akan hanya menjadi debu. Saya sangat setuju jika setiap sekolah memiliki metode pelajaran dengan memperbanyak parakteknya bukan teori.
 
4.       Kurang Bisa Bersosialisasi


Kebanyakan orang pintar hanya mempertinggi intelegensi akademisnya tanpa memikirkan intelegensi sosialnya. Padahal salah satu point penting untuk menggapai sukses adalah dengan kepintaran kita bersosialisasi dengan orang lain. Namun hal ini jarang dilakukan oleh orang pintar lantaran mereka hanya berpusat untuk menambah ilmu yang mereka dapat dari buku.

5.       Selalu Berpikir Kesempatan Akan Datang Lagi
  

Kebanyakan orang pintar biasanya selalu merasa dirinya sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan. Karena hal ini mereka suka menolak sebuah kesempatan yang datang lantaran berfikir nanti akan ada kesempatan yang lebih baik lagi. Yang perlu diperhatikan adalah walaupun Anda seorang yang pintar, menolak suatu kesempatan walaupun  kesempatan itu kecil tidak akan kembali dan akan diambil oleh orang lain. Perlu diingatkan bahwa tidak selamanya kesempatan yang baik itu akan datang 2 kali loh!
 
Sekian dulu ya artikel saya ini. Semoga artikel saya bisa membantu dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata.

Terima Kasih

18 comments:

jamal lewinsky mengatakan...

diatas langit ada langit dan kita harus ingat itu,,, thanks nice artikel mampir bro ke blog ane : http://hidupku-senang.blogspot.com/

JIMMY mengatakan...

to jamal lewinsky = yap bener banget tuh , mangkanya jgn pernah merasa dirinya paling tinggi

jim mengatakan...

ornag pintar kalah dengan orang yang beruntung... karena keberuntungan sudah diatur Yang Maha Kuasa.

Adang Muhammad mengatakan...

menarik sekali bahasannya.
sangat bermanfaat. kunjungi juga dan joint juga di Blog saya

JIMMY mengatakan...

to jim = yap bener bnget, lucky sangat mmpengaruhi kesuksesan

JIMMY mengatakan...

to adang muhammad = yap makasih yaa udh mampir :D

Tatik Indrawati mengatakan...

sukses = kerja keras + 1% keberuntungan
ga pintar, ga bodoh, ga cerdas, semua bisa punya kesempatan untuk sukses. oia mampir ya :D http://dietseimbanglangsing.blogspot.com/

Mili mengatakan...

thx, artikel yg sangat memberi pencerahan :)

amirtsora mengatakan...

Menarik dan Inspiratif buat saya, thanks bro

Muhammad Ulil Albab mengatakan...

seperti kata Bob Sadino dalam artikelnya orang Pintar dan Orang Bodoh..
justru orang bodohlah yang akan sukses, karena mereka tidak banyak pemikiran..
artikel yang menarik sobat, salam hangat selalu dari Albab's Blog

Dr. Ady mengatakan...

Orang pinter harus cerdas juga!

JIMMY mengatakan...

to tatik indrawati = yap setuju banget, gak semua orang pintar dan ornag bodoh itu gagal.. asalkan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan dan juga bersifat rendah diri

JIMMY mengatakan...

to mili = hhehehe makasih mbak mili, thanks juga yaa udah mampir :D

JIMMY mengatakan...

to amirtsora = hehehhee iya sama2 yaa, thanks juga udah mampir :D

JIMMY mengatakan...

to muhammad ulil albab = ya belajar dari membaca buku sebuah pengalaman orang yang sukses bisa menjadi masukan untuk kita meraih sukses juga..
thanks udah mampir bro

JIMMY mengatakan...

to Dr. Ady = yap bener juga.. asalkan tetap rendah hati

AmaLia_key mengatakan...

semoga saja saya ga termasuk hal di atas... hhe

JIMMY mengatakan...

to amalia key = amieennn asalkan selalu bersyukur dan rendah hati mbak :D

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates