Minggu, 29 Januari 2012

Buah Untuk Menurunkan Berat Badan


Memiliki berat badan yang lebih dari yang seharusnya memang sangat menyebalkan. Apalagi jika berat badan yang kita miliki sangat berlebih alias obesitas, akan sangat berbahaya. Bahaya yang ditimbulkan oleh berat badan berlebih adalah seperti penyakit jantung, diabetes, pelemahan kekuatan tulang,dll. Oleh karena itu, bagi yang memiliki berat badan yang berlebih sangat disarankan untuk segera menurunkan berat badannya. 

Menurunkan berat badan biasanya dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur atau juga menjaga pola makan alias diet. Akan tetapi, selain kedua hal tersebut, menjaga pola makan yang teratur juga sangat ampuh untk menurunkan berat badan. Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan adalah buah-buahan. Memakan buah-buahan secara rutin sangat membantu dalam menurunkan berat badan selain menjaga kesehatan tubuh. Berikut buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan :


     1.  Apel


Mengonsumsi apel sebelum makan hidangan utama akan membuat Anda mengunyah makanan lebih sedikit. Apel bisa memberi rasa kenyang sehingga mengurangi hasrat makan. Plus, buah yang renyah saat dikunyah ini juga mengandung antioksidan yang mencegah sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme yaitu suatu kondisi dimana lemak berlebih terkumpul di perut dan menghasilkan bentuk badan seperti membulat.


      2.  Jambu Biji


Sebutir jambu biji yang berukuran sedang mengandung sekitar 8 gram serat makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Serat tidak hanya bisa mengontrol nafsu makan, tapi juga menjaga gula darah tetap stabil dengan memperlambat penyerapan glukosa. Menjaga kadar gula darah tetap stabil sangat penting dalam program penurunan berat badan. Saat gula darah meningkat, tubuh akan melepaskan insulin yang berdampak pada penyimpanan lemak berlebih.
 
      3.  Raspberry


Raspberry mengandung kalori yang sangat rendah, selain itu juga memiliki lebih banyak serat dibandingkan jenis buah lainnya jika disajikan dalam porsi yang sama. Satu cangkir raspberry hanya memiliki 64 kalori dan menyediakan sekitar 8 gram serat, serta 7 gram karbohidrat. Serat makanan sangat penting dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan, karena akan menjaga kadar gula darah tetap rendah dan stabil. Caranya dengan mengurangi kecepatan tubuh untuk menyerap gula dari makanan dan minuman.


      4.  Semangka


Memasukkan semangka dalam daftar diet bisa membantu Anda mempercepat penurunan berat badan. Semangka merupakan buah yang kaya akan air dan mengenyangkan, namun hanya mengandung 50 kalori per cangkir. Meskipun memiliki glikemik indeks tinggi yaitu &@, namun semangka tidak akan menimbulkan efek yang drastis terhadap kadar gula darah karena kandungan karbohidratnya sangat rendah.


      5.  Grapefruit

bentuknya seperti jeruk tetapi daging buahnya berwarna pink atau merah
 Grapefruit merupakan salah satu buah terbaik untuk diet. Satu butir grapefruit ukuran sedang hanya mengandung 40 kalori, dan yang besar hanya 60 kalori. Dengan glikemik indeks hanya 25, grapefruit menjadi buah dengan glikemik indeks (GI) paling rendah. GI adalah skala yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya. Grapefruit bisa meningkatkan resistensi insulin dan mencegah tubuh menyimpan lemak.

      6.  Pisang


Pisang adalah buah yang bisa membuat efek perut kenyang tanpa harus menambah banyak kalori pada tubuh Anda. Pisang kaya akan potassium yang penting untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

 
      7.  Jeruk


Jeruk kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan hanya mengandung 60 kalori. Buah dengan rasa asam dan menyegarkan ini ideal sebagai makanan diet, tapi hanya jika dimakan secara utuh, bukan dijus. Jus jeruk mengandung lebih dari 20 gram gula per porsi, dan jumlah itu terlalu banyak untuk diet Anda. Umumnya, buah utuh merupakan makanan diet yang lebih baik dibandingkan jus, karena saat sudah diproses menjadi cairan akan kehilangan kandungan seratnya.

8.  Anggur


Buah kecil berwarna merah keungu-unguan dan hijau ini sangat banyak manfaatnya. Anggur memiliki serat yang tinggi yang bisa melancarkan pencernaan dan membuat rasa kenyang. Selain itu, Anggur memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi dan juga anti oksidan. 

Sekian dulu nih artikel dari saya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan berguna bagi para pembaca sekalian. Jika ada salah-salah kata dalam penulisan mohon dimaafkan.

TERIMA KASIH

7 comments:

andisinaga mengatakan...

saya sering makan pisang klo pagi2 ternyata pisang bisa bikin kenyang jadinya klo makan siang sedikit..
kyknya emng ampus sih..

Tempat Terbaik Melihat Aurora

JIMMY mengatakan...

andi sinaga = yap pisang emang memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang banyak yg bisa bikin rasa kenyang

Aji Prast mengatakan...

artikel sehat nih, banyak makan buah dan sayur baik untuk pencernaan juga, banyak mengandung serat.

JIMMY mengatakan...

to ajiprast = yap bener banget buah dan sayuran bagus untuk pencernaan

Punya.Tia mengatakan...

hmmm.... tp kok buah2nya mahal2 yaa...huhuuuu...

JIMMY mengatakan...

to punya tia = pisang murah loh cuma 1000 satu biji :D

turunberatbadansehat mengatakan...

cowo ku turun berat badan 15 kg, yang serius mau tipsnya boleh hubungi saya

nb : ada garansi 30 hari kalo ga turun :D

pin bb : 327B6AD0
tlpn : 085862841232

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates