Jumat, 30 September 2011

Tips Nyaman Naik Bus


Sudah sejak lama bus menjadi angkutan transportasi yang strategis dan juga murah. Di Jakarta sendiri sudah banyak banget jenis dan juga jurusan yang dilalui bus. Contohnya saja ada bus kopaja, metromini, koantas bima, mayasari, dan juga bus patas yang berAC. Karena biaya tranportasinya yang murah dan juga bisa menampung penumpang yang banyak, bus pun banyak banget peminatnya mulai dari anak kecil sampe nenek-nenek. 

Karena banyaknya yang menaiki bus, terkadang membuat kita merasa gak nyaman berada didalem bus. Hal-hal yang biasanya buat gak nyaman adalah copet, pengamen dan pengemis yang hilir mudik naik turun, sesak karena jumlah penumpang yang penuh sehingga membuat ruang gerak menjadi sempit. Belum lagi karena ruang bus yang sangat kotor, jorok, dan tak terawat (biasalah bus umum dijakarta banyak yang kayak gitu^^). Kadang-kadang juga ada tuh abang knek yang suka gak kasih tau kalau tujuan kita sudah lewat.

Nah untuk merasa aman saat menaiki bus, para pembaca boleh nih baca-baca tips dibawah ini, siapa tau berguna :


Pertama : bagi kamu-kamu yang berada di tempat yang masih awam atau yang tidak kamu kenali tapi kamu ingin pergi kesuatu tempat, bertanyalah kepada orang disekitar tentang Nomer dan Bus yang mana yang melewati tujuan kamu. Setelah itu kamu-kamu juga harus memperhatikan dan bacaan yang tertera di kaca depan bus, biasanya disana tertera nomer angkutan bus dan juga jurusannya. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak salah naik bus karena dijakarta banyak bus yang memiliki nama dan warna yang sama namun beda jurusan.

Kedua : ini merupakan lanjutan dari yang pertama. Setelah menaiki bus yang kamu inginkan, cobalah untuk memberi keterangan kepada sang knek (orang yang bertugas menagih ongkos) atau sang supir tentang tempat yang ingin kamu tuju. Jangan lupa juga untuk sering-sering bertanya “Apakah sudah dekat bang tempatnya ?!” kepada sang knek karena sang knek suka lupa untuk ngasih tau gara-gara banyaknya penumpang yang naik di bus.

Ketiga : gw saranin buat kamu-kamu yang mau naik bus untuk memilih bus dengan jumlah penumpang didalamnya yang masih sedikit atau masih ada bangku kosong. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari diri dari lelahnya berdiri dibus dan juga menghindari diri dari desakan-desakan penumpang yang banyak didalam bus.

Keempat : jika bus yang kamu naikin masih kosong atau sepi penumpang, duduklah dibangku dekat jendela. Selain untuk menghindari diri dari panasnya ruang udara yang sumpek, tips ini juga bisa menghindari diri kita dari serangan para copet yang jahil merogoh tas kita.

Kelima : bagi kamu-kamu yang gak suka sama para pengamen atau orang yang minta-minta dan orang yang berjualan ataupun juga mau terhindar dari tumpukan penumpang yang bikin bete dan sumpek, kamu bisa memilih untuk duduk dibangku paling depan dekat supir. Bangku yang terletak disebelah supir ini merupakan bangku yang paling nyaman dan asik untuk para penumpang. Selain terhindar dari para pengamen karena biasanya pengamen tidak meminta bayaran “konser”nya pada penumpang yang duduk dipaling depan, dan juga terhindar dari pengapnya suasana penumpang di tengah bus. Duduk didepan juga sangat bagus karena memudahkan kita untuk menanyakan rute atau tempat yang kita tuju kepada sang supir.

Keenam : untuk kamu yang gak kebagian tempat duduk saat naik bus, jangan takut untuk merasa tidak nyaman. Yahh walaupun memang gak nyaman sih!! Tapi bisa disiasati dengan mencari sisi atau bagian mana dari bus tersebut yang bisa kita jadikan sandaran saat berdiri. Hal ini bisa sedikit mengurangi lelah dan capeknya berdiri di bus. 

Ketujuh : bilamana kamu-kamu tidak mendapatkan bangku alias berdiri, jangan lupa untuk mengancing atau menseleting tas kamu secara rapat dan juga lebih baik tas yang kamu bawa didekap didepan dada agar sulit dijangkau oleh si tangan-tangan jahil “copet” yang sangat merugikan penumpang. 

Demikianlah sudah tips ini gw sampaikan, semoga artikel gw ini berguna buat kamu-kamu yang bolak-balik, kesana-kemari dengan menumpang bus. Selamat mencoba dan semoga makin nyaman saat menaiki bus umum.

TERIMA KASIH

2 comments:

jimmy63 mengatakan...

wah asik banget nih artikelnya..
emang sih kadang2 naik bus agak sumpek,boleh nih dicoba tipsnya biar makin asik naik busnya..

JIMMY mengatakan...

iya maka dari itu bro kita harus punya trik biar ngerasa nyaman di bus.. hehhe
terima kasih yaa udah komentar

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates