Selasa, 20 September 2011

Selebriti Yang Menjadi Korban Media


Menjadi seorang selebriti memang tidak luput dari sorotan media dan wartawan. Kehidupan pribadi dan keluarga mereka bahkan ikut menjadi santapan lezat para awak media. Wartawan terkadang bisa menjadi sahabat yang baik untuk seorang selebriti namun juga bisa menjadi binatang buas yang siap memangsa buruannya. Banyak dari selebriti dunia maupun Indonesia yang menjadi korban dari tekanan media hingga merenggut nyaa mereka.

Wartawan mungkin hanyalah pekerja dari sebuah kantor media yang bertugas untuk mencari berita dari orang terkenal dan yang mudah tersorot oleh masyarakat. Pekerjaanya inilah yang membuat wartawan terkadang mengganggu kehidupan para selebriti. Tidak dipungiri pula jika karir seorang selebriti bisa melonjak berkat wartawan dan juga bisa jatuh tersungkur berkat wartawan. Berikut merupakan selebriti –selebriti menjadi korban para media :

Britney Spears

Britney merupakan seorang penyanyi yang sangat terkenal sejak remaja. Ia juga menggeluti dunia akting layar lebar. Terkenal sejak remaja menbuatnya menjadi incaran para media dari penampilannya, keluarganya, hingga masalah hidupnya pun tidak luput dari sorotan media. Britney sempat depresi dengan pemberitaan tentang perceraiannya, caranya menggendong bayinya, dan kehiduoan karirnya yang mulai meredup. Pemberitaan ini membuatnya terlihat menyedihkan hingga dia memotong habis rambutnya sampai botak karena depresi. Awak media pun langsung membuat berita tentang tingkah Britney yang memotong habis rambutnya dan juga memberitakan bahwa Britney tengah bangkrut dan menjual rambutnya untuk membayar hutang.
Britney saat botak karena depresi
 Belum lagi pemberitaan media yang memberitakan tentang kehamilan diluar nikah yang terjadi dengan adiknya, ini merupakan pemberitaan besar terhadap keluarga Britney. Karena pemberitaan tersebut karirnya semakin menurun dan ia pun menjadi pecinta obat-obatan, yang mengharuskannya masuk panti rehabilitasi. Broke Shield pun turut berkomentar tentang Britney “Itu semua karena tekanan media. Saya tidak bisa membayangkan, jika setiap saat saya dan keluarga terus dikuntit media seperti yang dialami Britney,” jelasnya.

Gwen Stefani

Penyanyi berumur 41 tahun ini pun turut menjadi bulan-bulanan media. Sosok penyanyi ternama ini menjadi bulan-bulanan media Hollywood sejak ia melahirkan. Berat badan yang bertambah paska melahirkan membuatnya merasa tertekan karena pemberitaan media yang memberitakan tentang berat badannya. Suami Gwen Stefani, Gavin Rossdale mengatakan “Dia berjuang bolak-balik ke gym sesaat setelah melahirkan, dia terobsesi kurus kembali karena tekanan media yang selalu memberitakan kenaikan berat badannya,”. Gavin pun melanjutkan “Ini tidak mudah lantaran semua orang ikut mengomentarinya. Dia benar-benar tertekan.”
Gwen saat berat badannya naik

Amy Winehouse

Walaupun kematian Amy disinyalir karena hobinya minum-minuman keras, namun baru-baru ini santer terdengan bahwa tekanan media ikut berperan dalam kematian penyanyi asal Inggris ini. Hal ini dinyatakan oleh sahabatnya, Kanye West dalam konser Tribute to Amy. Rapper Amerika ini mengatakan bahwa kematian Amy berawal dari besarnya tekanan media. “Media lebih banyak menyoroti kehidupan pribadinya, dan memberitakan keburukannya bukan prestasinya,” paparnya. Yang diungkapkan Kanye bukanlah tanpa alasan, kita sering melihat foto-foto Amy yang menampilkan wajah kacau dan terlihat depresi sering terpampang di sampul majalah atau tabloid. Disebutkan pula kalau media berhasil membuat citra Amy yang semula merupakan wanita yang periang menjadi wanita yang takut akan dirinya sendiri. Dalam keadaan tertekan ini, Amy yang menderita ketergantungan pada obat terlarang, kemudian memiliki gangguan pola makan. Karl Lagerfeld menyatakan bahwa Amy mengalami tekanan secara mental dan emosional.
Amy yang terlihat depresi

Brooke Shields

Artis kawakan yang sempat berpacaran dengan penyanyi Michael Jackson ini memiliki hidup yang penuh kontroversi, dan membuatnya habis menjadi bulan-bulanan para wartawan. Saat berperan dalam film Pretty Baby, Brooke berperan sebagai pelacur di film tersebut. Perannya ini sontak menjadi sorotan media yang memberitakan tentang perannya diusia yang masih 12 tahun itu. Setelah pemberitaan tersebut, Brooke yang saat itu berusia 13 tahun pun diguncang oleh pemberitaan tentang tampilan Brooke yang sangat sexy dalam iklan celana jeans. Media masa pun menyorotinya selama bertahun-tahun, bahkan Terry Shields, ibunda Brooke selaku managernya turut dihujam gosip bahwa ia mengeksploitasi anaknya yang masih belia tersebut.

Lindsay Lohan

Lindsay Lohan rasanya sudah sangat kenyang dengan pemberitaan di media. Artis yang melejit sejak kecil ini sudah banyak menjadi bulan-bulanan media Hollywood. Mulai dari hobinya meminum-minuman alkohol, bertengkar dengan sesama selebriti, dan juga pengakuan dirinya sebagai biseksual tak luput dari dari pemberitaan media massa. Selain berita itu ia juga turut diberitakan mengalami kebangkutan akibat tidak mampu membayar uang sewa rumah di Hollywood, serta pemberitaan bahwa ia mencuri sebuah jam Rolex di toko di Amerika. Lohan mungkin selebriti Hollywood yang mengalami tekanan batin yang parah saat ini karena pemberitaannya. Media massa pun turut juga mengosipkan bahwa Lindsay digugat oleh sebuah rumah busana di LA. Pemberitaan penahanan atas dirinya karena mengonsumsi alkohol pun tidak luput menjadi serangan media massa. Tidak hanya Lindsay saja yang menjadi korban paparazi, baru-baru ini adik perempuannya, Aliana Lohan pun turut mendapat serangan media. Aliana diberitakan telah mengoperasi wajahnya karena dikontrak menjadi model oleh NEXT Model Management.

Putri Diana

Dari semua peristiwa diatas, semua orang tidak akan pernah melupakaan kematian tragis Lady Diana. Ia tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Perancis saat menghindari kejaran paparazi. Diana merupakan sosok fenomenal dari kerajaan Inggris. Menjadi seorang putri yang menikahi pangeran Inggris membuatnya menjadi santapan besar para pencari berita. Sosoknya yang ramah dan pengasih membuatnya dicintai oleh banyak orang diseluruh dunia. Dunianya yang mulanya tenang mulai terusik karena pemberitaan media tentang perselingkuhan Pangeran William dengan Camila Parker. Hidupnya pun menjadi menyedihkan karena perceraiannya menjadi sorotan paparazi dan juga hubungannya dengan Dodi Al-Fayed anak dari miliyuner Muhammad Al-Fayed menjadi berita besar dan terus menjadi kejaran paparazi hingga mengakibatkan kecelakaan maut yang merenggut nyawa Putri Diana dan Dody Al-Fayed. Earl Spencer saudara kandung Diana mengatakan : “Saya tahu pada akhirnya media akan ‘membunuh’ hidupnya, namun saya tak menyangka kalau media terlibat langsung dalam kematiannya.” Pada tanggal 7 April tahun 1998, para dewan juri pemeriksa mayat Diana dan Dody menyimpulkan bahwa mereka meninggal karena dibunuh secara melawan hukum yang disebabkan oleh sopir yang mabuk dan juga kejaran paparazi.
Mobil yang ditumpangi Diana saat kecelakaan maut


Memang wartawan atau paparazi tidak bisa dipisahkan oleh para selebriti dan kehidupan dunia hiburan. Namun sebagai wartawan, kalian juga harus memahami kondisi artis yang ingin kalian liput walaupun mungkin meliput kegiatan para artis merupakan pekerjaan kalian. Menurut gw, para wartawan seharusnya tau apa itu privasi yang dimiliki setiap orang dan menghargai para artis yang mungkin tidak ingin diliput. Sebaiknya juga wartawan jangan terus memikirkan berita yang akan di lihat oleh banyak penonton saja, karena mungkin berita yang ingin dilihat oleh penonton itu sangat mengganggu kehidupan seseorang.

Bagi para selebriti, kalian juga harus tau bahwa wartawan juga turut membantu menyukseskan karir keartisan kalian. Oleh karena itu, untuk menghormati wartawan, sebaiknya kalian bersikap yang baik dan juga melayani permintaan wartawan dengan demokrasi. Untuk lebih baiknya, kalian sebagai publik figur juga bertingkah lakulah yang baik dan sopan agar para awak media tidak memberitakan tentang keburukan kalian.

TERIMA KASIH

4 comments:

adeline mengatakan...

untung saya bukan artis :D

Anonim mengatakan...

memang begitu lah resiko menjadi artis

JIMMY mengatakan...

seorang artis memang akan selalu menjadi sorotan wartawan. namun ada kalanya mereka sebagai manusia ingin mendapatkan privasi untuk menikmati hidupnya dan jauh dari bidikan kamera. para wartawan pun seharusnya mengerti hal itu..

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi kerja baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates