Rabu, 10 Agustus 2011

Pegal Pakai High Heels? Ini Tipsnya


Sebagai wanita yang modern, memakai high heels merupakan kewajiban untuk menunjang penampailan. High heels memiliki kasiat untuk mebuat kaki kta lebih jenjang dan membuat betis terlihat lebih kecil. Namun saat kita menggunakan high heels akan timbul rasa pegal yang disebabkan oleh memendeknya jaringan otot di betis. Untuk sepatu high heel yang berukuran diatas 7cm akan menyebabkan kontraksi pada otot termasuk otot kaki dan betis. Rasa pegal dan nyeri ini pun bisa berkepanjangan dan sulit untuk dihilangkan.

 
Untuk menghindari rasa pegal dan nyerinya, bisa diikuti nih cara-cara sebagai berikut ;

 1.  Lepas high heels setelah penggunaan 1-3 jam agar kaki kita bisa beristirahat dan mencegah timbulnya varises di betis.


2. Lakukan peregangan pada kaki dan pijat-pijat betis dan paha kita secara perlahan.

3.  Lakukan Ankle Pumping dengan cara menaik dan menurunkan ankle kaki secara perlahan        agar otot diankle tidak tegang dan melemas.




4.  Sering-seringlah untuk duduk sejenak sambil menegakkan punggung untuk merilekskan otot kaki, pinggul, dan punggung






Jika rasa pegal dan nyeri sudah mulai timbul, harus cepat-cepat melakukan hal seperti ini ;

1. Rendam Kaki di Air Hangat Yang Diberi Garam


 Pada zaman dahulu, garam di percaya berkhasiat untuk menghilangkan rasa pegal. Selain itu, air hangat dipercaya dapat melemaskan otot.

Caranya = masak 1-2 gayung air, setelah mulai hangat masukan 5-7 sendok makan garam. Rendam kaki selama + 30 menit sembari di pijat-pijat sedikit. Lakukan 2 hari sekali agar terhindar dari varises.

2.  Stretching Kaki
Stretching atau peregangan pada kaki sangat membantu untuk menghindari varises dan melemaskan otot. Stretching kaki bisa dilakukan setiap hari setelah menggunakan high heels atau sebelum tidur.

Caranya = telentangkan badan Anda lalu naikan kaki Anda ke tembok sehingga membentuk huruf *L* dengan kaki diatas. Gerakan kaki Anda seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini diperuntukan untuk membuat otot kaki Anda tidak memendek dan merilekskan kaki Anda. Selain itu juga berfungsi untuk melatih kekuatan kaki Anda.

3.  Stretching Tumit


Stretching tumit berkhasiat selain untuk mencegah timbulnya rasa pegal, juga bermanfaat untuk menghilangkan pegal.

Caranya = gerakan ankle tumit berputar sekitar 5-7 menit sambil dipijat-pijat ringan. Lakukan setelah menggunakan high heels atau saat Anda duduk beristirahat.

        4.   Meluruskan Kaki Saat Tidur

     
Fungsi cara ini adalah membentulkan posisi otot dan mengistirahatkan otot, karena kekuatan otot kita melemah saat tidur. Biasanya saat tidur kita sering melakukan gerakan-gerakan yang membuat kaki menekuk atau bersilang. Jika kaki kita tertekut atau tidak dalam posisi lurus maka akan membuat otot dan urat kita terjepit dan peredaran darah terganggu. Maka dari itu banyak terjadi rasa pegal, ngilu, dan kesemutan di daerah paha, lutut, dan betis saat kita bangun tidur.

Caranya = lurus kan kaki Anda saat tidur lalu letakkan guling atau bantal dibawah kaki Anda untuk mencegah kaki Anda bergerak saat tidur.

5.  Berjalan di Atas Bebatuan atau Kenakan Sandal Relaksasi

Banyak kita lihat orang tua mau pun muda yang melakukan releksasi dengan berjalan diatas batu kecil tanpa alas kaki. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran, membantu melemaskan otot, meningkatkan fungsi kerja saraf, dan menghindari timbulnya varises. Jika Anda malas atau sibuk, maka Anda bisa menggunakan sandal relaksasi yang khusus memiliki gerigi yang terbuat dari karet.

Demikian tipsnya saya sampaikan, semoga bermanfaat buat Anda. Terima kasih ..

4

4 comments:

Ca Ya mengatakan...

klo aku sih mending pke sepatu kets :D :D

salam kenal :D

JIMMY mengatakan...

hahah bener tuh daripada ribet, enak pake sepatu kets yaa santai..:D
tapi kadang2 klo buat wanita pekerja kantor harus pakai high heels untuk terlihat menarik :p

lazu iana mengatakan...

Salam kenal...
Terimakasih atas tipsnya sangat membantu sekali.. oya klo bisanya biar nyaman saat pakai Heels / Wedges harus menakai kaos kaki wanita buat kaum wanita lebih cantik..
Terima kasih...

Lisa Deborah Katie mengatakan...

Wah..tips yang bagus nih buat dipraktikkin...
Nice *jempol*

Kunjungi juga www.wovgo.com siapa tau mendapat informasi seputar lifestyle :)
Makasih

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates