Jumat, 19 Agustus 2011

Tips Meningkatkan Pelanggan di Online Shop


Online shop atau toko online mulai dikenal di Indonesia sejak beberapa waktu lalu namun baru diminati beberapa waktu terakhir ini. Sekarang banyak kita lihat orang-orang yang berjualan secara online di facebook.com, blog, website online shop seperti DinoMarket.com atau Gmarket, dan website seperti kaskus.us. Online shop memang sangat digemari karena memiliki keuntungan yang sangat besar dengan biaya yang minim. Online shop pun terbilang sangat mudah bagi para pembeli karena tidak perlu untuk capek-capek berjalan ketoko atau mall. Selain para pembeli, para penjual pun diuntungkan karena mereka tidak perlu menyewa atau memiliki ruangan untuk menampilkan produk-produk mereka, mereka tidak perlu membayar karyawan, dan tidak perlu menghabiskan waktu menjaga toko.



Karena perkembangan online shop sangat pesat dan memiliki banyak pesaing, mempunyai barang yang bagus pun belum cukup untuk mengundang para pelanggan untuk membeli produk Anda. Seperti halnya jenis bisnis yang lain, bisnis online shop pun juga harus memiliki strategi yang bagus. Berikut tips yang perlu Anda lakukan untuk menarik pelanggan :

1.  Target Konsumen.


Anda sebaiknya menargetkan siapa calon pelanggan yang bersedia membeli barang-barang Anda. Sebagai contoh jika Anda menjual busana dan tas wanita dewasa, maka Anda lebih menargetkan pelanggan wanita yang berumur 19 keatas. Dengan menargetkan pelanggan Anda, maka Anda akan lebih mendalami karakter pelanggan Anda dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

2.  Product Knowledge.

Jika Anda ingin menjual suatu barang, maka Anda diwajibkan untuk mengetahui tentang barang yang Anda jual seperti spesifikasi barang, manfaat barang, kelebihan barang, kekurangan barang, cara penggunaan atau pemakaian produk, atau cara merawat produk. Jika Anda tidak mengetahui apa-apa tentang barang yang Anda jual, sudah pasti tidak ada yang akan membeli barang Anda.

3.  Layanan Penjualan.

Dibisnis online shop, sangat jarang pembeli dan penjual bertemu secara langsung. Biasanya mereka berhubungan melalui telfon, SMS, atau BB Messenger. Selain mencantumkan cara menghubungi Anda, Anda juga harus mencantumkan tata cara pembayaran sebanyak mungkin agar lebih memudahkan pembeli dan juga membuat rasa aman pada pelanggan, garansi dan layanan purna jual setelah barang Anda dibeli.

4.  Gaya Bahasa yang Memikat.

 Cara ini berkaitan erat dengan pamasaran. Oleh karena itu jika Anda telah menentukan target pelanggan, maka Anda harus pintar-pintar merangkai kata untuk memikat pelanggan. Seperti contoh Anda menjual barang kepada remaja, maka Anda harus membuat kesan gaul pada kalian yang Anda susun.

5.  Tulis Deskripsi Lengkap.

Dalam hal online shop, dimana Anda tidak bertemu dengan para pembeli, maka untuk membantu para pembeli atau pelanggan mengetahui kegunaan dan spesifikasi barang yang Anda jual, Anda harus menuliskan tentang deskripsi barang Anda. Deskripsi barang bisa mengenai keunggulan barang Anda, manfaat barang Anda, spesifikasi barang, mengapa konsumen harus membeli barang Anda, tips-tips perawatan, review atau tanggapan konsumen yang telah membeli barang Anda.

6.  Tambah Video dan Foto.

Tambah kan video atau foto yang memikat dan menarik tentang produk Anda. Dengan adanya video dan gambar, maka para pelanggan akan merasa puas karena mereka dapat melihat visualisasi barang Anda. Foto dan video juga membuat pelanggan tertarik untuk bertanya dan ingin mengetahui lebih jauh tentang barang Anda.

7.  Promosi Yang Bagus.

Bila Anda ingin memikat pelanggan lebig banyak lagi, maka Anda harus melakukan promosi yang bagus atas barang Anda. Promosi yang bagus adalah promosi yang bisa memikat banyak pelanggan,dan membuat pelanggan penasaran dan tertarik untuk melihat barang Anda. Contoh promosi yang bagus adalah diskon potongan harga atau Buy 1 Get 1 atau undian hadiah bagi para pembeli.

8.  Cepat Dalam Merespon Pelanggan.

Para calon pembeli pasti sangat ingin jika pertanyaan mereka seputar barang yang dijual cepat ditanggapi oleh penjualnya. Jika seorang pelanggan mengirim pesan kepada Anda, maka Anda harus sesegera mungkin membalas pesan tersebut. Karena jika tidak maka Anda memberikan peluang kepada pesaing Anda untuk merebut pelanggan Anda.

9.  Pilih Katakunci Yang Sesuai Pemikiran Pelanggan.
Pemilihan kata kunci sangat penting agar disaat pelanggan mensearching barang yang dia inginkan, produk Anda yang muncul di daftar barang. Misalnya jika Anda menjual baju tidur anak, Anda bisa memilih kata kunci PAKAIAN TIDUR ANAK atau PIYAMA ANAK atau PAKAIAN ANAK dimana terdapat beberapa unsur kata yang sesuai denga barang yang Anda jual seperti kata “Pakaian”, “Anak”, atau “Tidur”.


Demikianlah tips-tips penjualan dari saya bagi Anda yang tertarik membuka usaha online shop. Semoga tips dari saya ini bermanfaat buat Anda. Terima kasih..


15 comments:

Iqbal Al Ghifari mengatakan...

makasih atas tipsnya..
nice posting..

JIMMY mengatakan...

iya sama2 makasih juga udah komen yaa :)

Cantik Gakbokek SenengTeroos mengatakan...

ijin copas ya bro, nice posting :) baru belajar blogging hehehe... mampir yaa, http://cantikgakbokek.blogspot.com/2011/11/buat-online-seller-tips-meningkatkan.html

JIMMY mengatakan...

to cantik = iya gpp kok asal dikasih sumbernya yaa :)

JESSLYN BOUTIQUE mengatakan...

Mampir di http://jesslynboutique.multiply.com/
Eceran ladies fashion cuma 55rb aja

JIMMY mengatakan...

to jessyn boutique = okey, thanks udah mampir

konveksi seragam online mengatakan...

infonya menarik bos, bisa untuk eningkatkan penjualan OL Shop

todaymustbefine mengatakan...

wah makasih infonya sangat detail :D

salam,

http://bayiibuceria.wordpress.com/

Rasendriya Reswara mengatakan...

wah..
tips nya bner2 KENA banget..
memang selama ini yang aku rasain selama menjalankan Online SHOP adalah seperti yang dijelasin di artikel di atas..
emang guna bgt buat naikkin pengunjung plus pendapatan pula..
thx ya,,

mampir juga di toko saya
http://www.resshop.web.id

Irfan Prabowo mengatakan...

Nice post gan membantu ane banget.

Salam,
Ipangstore.blogspot.com
Jual t-shirt, raglan, polo shirt

Reiga Putra mengatakan...

Trim bray.berkunjung ke wap ane
Reigagrosir.blokspot.com

RZ Adit mengatakan...

info yang bagus buat saya yang lagi jual baju gamis.
terima kasih .. :D

Lieshapete mengatakan...

Oke muantap bro infonya, mudah-mudahan penjualan di toko online saya ACS Online semakin laris manis, thks ya...

novie jepara mengatakan...

terimakasih atas infonya gan,,,,,,

meta minoliya mengatakan...

Mari mampir belanja flatshoes wanita termurah www.twitter.com/ShopGirls8

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates