Selasa, 23 Agustus 2011

Ngupil Itu Asyik dan Sehat !!



Semua orang didunia pasti pernah melakukan hal yang namanya “ngupil”. Kegiatan mengorek-ngorek hidung ini ternyata memang amat sangat mengasikan. Gak perduli bila Anda tua renta, cantik menarik, item dekil, tampan menawan, bau atau wangi, dan muda belaga, pasti semuanya melakukan kegiatan ngupil. Pasti Anda-Anda semua sudah sering ngupil baik dijalan, lagi bengong, lagi baca buku, lagi dengerin musik, atau bahkan lagi ngobrol sama orang?!!. Gak usah malu, ngupil itu kan sehat asal dilakukan disaat yang tepat aja hehehe.

Ngupil atau mengorek-ngorek hidung merupakan kegiatan iseng-iseng yang simple tapi berguna bagi kesehatan dan semua orang yang sehat pasti sering ngupil. Kenapa cuma orang sehat aja ?? ya jelas lahh karena klo orang yang lagi pilek pasti gak mau deh klo disuruh ngupil atau yang lagi mimisan pasti juga gak mau klo disurh ngupil. Bisa-bisa jari-jari yang sebagai alat kegiatan iseng ini bisa mencemari lingkungan sekitar atau baju-baju disekitar kita hehhe!!. Mangkanya mengupilah sebelum ngupil dilarang, karena mengupil dapat membersihkan hidung kita dari kotoran dan hanya dilakukan oleh orang yang sehat... biasanya saat mengupil pasti kita melakukannya dengan mata yang merem-melek sambil memasukan jari telunjuk atau jari kelingking ke dalam lubang hidung dimana tempat upil itu berada. Kita pun tidak akan puas sebelum mendapatkan upil itu dan pasti penasaran apakah upilnya gede atau keras atau lembek dan lengket !!. 

Diantara kalian pasti belom tau apa sih upil itu ?? Upil yaitu kotoran yang terdapat dilubah hidung yang disebabkan oleh proses pernapasan. Kenapa kok karena bernapas??? Jelas dong !! karena pada saat kita bernapas maka akan ada dimana micro-organisme dan debu yang berada diudara masuk kehidung dan tersangkut di bulu hidung. Warna coklat yang bisa menjadi warna favorit upil merupakan warna dari debu yang bertebaran diudara. Saat kita bernafas di derah yang memiliki kandungan debu yang banyak diudara atau sedang mengendarai motor, maka upil yang ada di hidung bisa berukuran sangat besar lohh!!!. Nah untung aja Tuhan menciptakan bulu hidung untuk kita yang berfungsi untuk menangkal debu-debu dan kotaoran masuk ke paru-paru. Kalaupun debu dan micro-organisme itu masih bisa melewati bulu hidung, masih ada nih lendir/ ingus yang bertugas dinas membantu bulu hidung untuk mencegah kotoran dan micro-organisme memasuki paru-paru. Selain sebagai saringan nih, bulu hidung dan lendir/ingus berfungsi ntuk memantu meningkatkan kelembaban udah yang kita hirup agar nyaman saat masuk keparu-paru. Karena ingus/lendir bersifat lengket dan becek seperti lem, inilah yang bertanggung jawab dalam pembentukan besar-kecilnya ukuran upil kita. 

Untuk masalah upil dan ngupil memang bisa membuat kita termabuk kepayang dan lupa daratan jika dilakukan ditempat dan waktu yang tepat. Jika dilakukan disaat tak tepat, otomatis ngupil bisa mengganggu orang lain atau bahkan menimbulkan aib untuk kita nih !!. Karena efeknya yang bisa membua orang mabuk kepayang dan lupa daratan sampai-sampai tidak sadar sedang dibidik kamera. Hal ini banyak terjadi sama selebriti yang difoto saat ngupil dan gambarnya tersebar luar yang akhirnya berbuntut “protes”. Klo udah begini kan repot, mau marah tapi cuma hal sepele dan memang karena kesalahan pribadi !! mau cuek tapi udah keburu malu karena udah banyak yang ngeliat itu foto!!. Mangkanya biar ngupil jadi hal yang sangat mengasikan dan gak bikin masalah, perlu diikutin nih nasihat dan tips berikut :

1.  Mencari Tempat & Waktu yang Tepat.

Biar gak menimbulkan masalah bagi diri sendiri dan orang lain, carilah tempat yang sepi dan waktu yang senggang untuk mengupil agar kita pun bisa santai dan releks saat melakukan olahraga hidung ini. Jangan ngupil pada saat makan malam bersama keluarga, apalagi klo lagi makan malam sama calon mertua trus kita ngupil udah pasti cinta langsung ditolak deh!!.

2.  Gunakan Jari yang Tepat.
 
Manusia memiliki 5 jari tangan yang berbeda bentuk dan berbeda nama di setiap tangan. Gunakanlah jari yang ramping dan kecil seperti jari kelingking atau jari yang bisa digunakan untuk mengorek-ngorek seperti jari telunjuk untuk mengupil. Hal ini dikarenakan untuk menghindari pembesaran lubang hidung Anda dan memudahkan Anda menangkap sang upil. Bayangkan jika Anda ngupil dengan jempol ?? setelah 2 minggu lubang hidung Anda adan bertambah diameternya.

3.  Adillah Saat Ngupil.
Dimanapun dan apapun yang akan kita lakukan, kita dituntut untuk bersifat adil tidak terkecuali klo lagi ngupil. Kita harus adil saat ngupil agar tidak ada kecemburuan dari salah satu pihak lubang hidung. Jika Anda mengupil di lubang sebelah kiri, maka Anda juga harus ngupil di lubang yang kanan. Karena jika tidak begitu, maka lubang kanan akan merasa cemburu dan berakibat lubang kiri terlihat lebih besar dari lubang kanan.

4.  Bertanggung Jawab.
Sediakanlah tisue atau kertas kecil untuk tempat membuang upil yang sudah kita dapatkan. Jangan sekali-sekali bertindak curang dengan menempelkan upil ditembok atau kayu dan langsung kabur pergi.

5.  Efektif & Hemat Waktu.

 Perlu diingat bahaya mengupil bisa membuat orang lupa waktu yang berakibat telat masuk kerja, telat melakukan tugas, bahan telat pulang kerumah. Oleh karena itu, untuk menyingkat waktu gunakan 2 jari dari 2 tangan sekaligus untuk memotong setengah waktu yang terbuang untuk mengupil di 2 lubang hidung. Efektifkan untuk menyingkat waktu !!

6.  Harus Pelit !!

 Pelit memang tidak dianjurkan dan perbuatan yang dosa. Namun pelit dihalalkan saat kita mengupil. Maksudnya adalah bisa Anda selesai ngupil cukup Anda saja yang merasakan sensasinya. Jangan membagi sensasi tersebut dengan menyodorkan upil Anda kepada orang lain walaupun niat Anda baik.

7.  Jangan Memaksakan Kehendak.

Anda cukup mencari upil dilubang hidung Anda sendiri, jangan terlalu baik atau memiliki niat menolong untuk mencarikan upil dihidung orang lain. Karena otomatis niat baik Anda akan ditolak orang orang tersebut dan bisa menjadi masalah serius buat Anda.

8.  Jangan Berlebihan.

Kegiatan mengupil cukup dilakukan dengan apa adanya aja tanpa membayangkan hal-hal yang enggak-engak. Apalagi sampai menimbulkan desahan-desahan kecil yang erotis karena jika ada yang mendengar maka Anda akan dikira sedang berfantasi seks.


Pasti seru kan baca-baca tentang upil-mengupil ??? ternyata masih banyak loh khasiat upil buat kesehatan, seperti kata Prof.DR. Friedrich Bischinger seorang Dokter Spesialis Paru-paru asal Austria menyarankan agar upil kering yang kita dapatkan bisa meningkatkan stamina tubuh karena mengadung zat-zat yang ampuh untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, menurut kabar upil yang basah juga bisa meredakan bengkak pada mata yang diakibatkan oleh “Bintilan”. Bagaimana masih berpendapat klo upil itu menjijikan ?? jangan salah lohh ternyata kan upil dan ngupil banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh hehehe. 

Terima Kasih

0 comments:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates