Selasa, 14 Februari 2012

Bermake-up Untuk Kulit Berjerawat


Saat jerawat menyerang, ia akan meninggalkan noda berupa bintik kecil, noda kemerahan atau kehitaman – yang sungguh tidak mengenakkan untuk dipandang. Anda tentu saja perlu ‘bekerja keras’ untuk menutupi atau bahkan menghilangkannya.

Namun, sebelum memakai make-up untuk meminimalisir tampilan jerawat di wajah Anda, jangan lupa perhatikan make-up yang cocok untuk kulit wajah Anda yang berjerawat. Berbagai jenis make-up yang dapat menutupi jerawat mungkin sangat Anda butuhkan, tapi jangan sampai justru memperparah tumbuhnya jerawat. Berikut tips make-up untuk kulit yang berjerawat, seperti yang dilansir Type F :


1.       Gunakan Face Primer


Menggunakan face primer terlebih dahulu sesudah menggunakan pelembab dan sebelum menggunakan foundation merupakan cara untuk memulai menggunakan make-up yang tepat untuk menyembunyikan bekas jerawat. Face primer dapat menutupi bekas jerawat dengan sempurna karena di dalamnya terkandung silicone dan bahan-bahan sejenisnya.

2.       Concealer


Menutupi noda bekas jerawat atau jerawat yang masih berbentuk kecil bisa dengan menggunakan Concealer. Pilih Concealer berbentuk stick dan yang sewarna dengan kulitmu. Karna kalau Concealer yg berbeda warna dengan warna kulit, akan terlihat belang dan tidak alami. Gunakan jari telunjuk untuk mengolesnya dengan gerakan memutar sampai Concealer menyatu di noda bekas jerawat. Lalu biarkan sampai 10 menit, supaya Concealer menyerap dan tampak alami. Setelah itu tepuk dengan bedak tabur / Loose Powder. Kemudian kamu bisa menggunakan foundation ataupun bedak langsung.

3.       Bedak Tabur


Jika kulit Anda berminyak, bedak tabur bisa membantu mengurangi kilap pada wajah. Pilih jenis bedak tabur yang mengandung mineral agar tidak memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Bedak mineral juga tidak banyak mengandung zat kimia dan pengawet (dua bahan yang bisa memperparah jerawat). Hindari menggunakan bedak padat, karena biasanya mengandung lebih banyak minyak dan bisa menyumbat pori.

4.       Make-up yang Mengandung Salicylic Acid

Jika Anda tidak hanya ingin menyembunyikan jerawat, tapi juga merawatnya, make-up dengan kandungan mineral cenderung aman untuk digunakan pada wajah Anda. Pilih produk make-up yang bisa menghilangkan minyak dan bakteri penyebab jerawat. Produk tersebut biasanya mengandung salicylic acid dan terkandung di beberapa jenis concealer dan foundation. Salicylic acid juga dapat mengurangi bekas jerawat dan menyembuhkan kulit yang teriritasi, sehingga kulit wajah Anda dapat kembali bersih dan bersinar.

Tips mengatasi bekas jerawat di wajah.
  
1.       Cuci muka dengan air seduhan daun sirih 2 – 3 kali sehari. hal ini berfungsi untuk mematikan bakteri jerawat.

2.       Bersihkan jerawat dengan ekstrak belimbing wuluh yang dicampur dengan sedikit air garam. belimbing wuluh sangat baik untuk anti radang dan astrigen (mengecilkan pori-pori yang besar karena jerawat).

3.       Uapi wajah dengan seduhan air teh.

4.       Oleskan bekas jerawat dengan serbuk batang kayu manis yang dicampur dengan madu setiap malam, bersihkan pada pagi harinya.

5.       ambil sedikit madu asli lalu panaskan hingga mendidih. diamkan sampai suam-suam kuku lalu oleskan pada bekas jerawat selama kurang lebih dua jam.

6.       Jangan menyentuh jerawat dengan tangan kotor, apalagi sampai memijitnya.

7.       Rajin memasker wajah juga sangat membantu, terutama yang berjerawat karena keturunan dan alergi terhadap cuaca tertentu.
Agar penampilan Anda makin menarik, silahkan baca artikel dibawah ini :



Sekian dulu artikel ini saya buat, semoga artikel ini bisa membantu Anda mempercantik diri dalam penampilan sehari-hari. Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan.

TERIMA KASIH

4 comments:

Punya.Tia mengatakan...

sangat membantu bagi saya yang suka sebal jika ada jerawat nemepl di muka...hehe

salam,
stylish generation

JIMMY mengatakan...

to punya.tia = okey, senang bisa membantu..
thanks yaa udah mampir :)

Fauzy Ajava mengatakan...

bedak tabur yang mengandung mineral itu merknya apa ya

Hasriani Basri mengatakan...

Concelear yg dipakai itu merk apa ya?

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates