Senin, 06 Februari 2012

Hal Penting Menyukseskan Online Shop Anda


Setelah sebelumnya saya sempat membahas tentang produk apa saja yang bisa diperjual-belikan di online shop, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara agar online shop Anda berjalan lancar alias sukses dapat untung besar. Saat Anda membuat online shop, pastinya Anda harus belajar gimana sih caranya agar online shop Anda tidak berjalan sebentar akan tetapi menjadi maju hingga memiliki sebuah toko atau memiliki banyak pelanggan tetap!!. Online shop dikatakan sukses jika berjalan panjang, memiliki banyak pelanggan, dan pendapatannya meningkat.



Belajar dari Online shop milik teman saya yang sudah berjalan lebih dari 6 tahun dan sudah memiliki butik sendiri, saya ingin memberi masukannya nih buat para pembaca sekalian. Untuk memiliki online shop yang dikatakan sukses tidaklah mudah, kalian harus tau hal-hal yang menunjang untuk itu. Berikut hal pentingnya :

 
      1.  Sediakan Contact Person Yang Jelas 

Karena online shop merupakan belanja via internet, pastilah sangat jarang kita bertatapan langsung oleh pembeli. Nah, klo tidak bertatapan langsung, bagaimana cara pembeli mengetahui spesifikasi tantang barang? Sediakan contact person yang jelas dimana para pembeli dapat dengan mudah berinteraksi dengan penjual baik itu via email, chating, sms, atau telefon.

      2.  Ramah dan Sabar


Dalam jual beli banyak pembeli yang menawar barang. Terkadang mereka menawar barang dengan harga yang sangat kecil dan sangat ngoyo (ngotot) yang bisa membuat kita ingin marah. Namun, tingkah pembeli itu adalah suatu cobaan buat kita untuk meraih sukses. Untuk menanggapi sifat pembeli seperti ini haruslah dengan kesabaran dan keramahan. Disini Anda juga harus memberi kesan positif terhadap barang Anda dengan menjelaskan tentang kualitas barang, bentuk, dan model sehingga membuat pembeli itu merasa bahwa harga yang sudah Anda tawarkan merupakan harga yang wajar.

      3.  Up to Date


Saat berjualan, pastilah Anda harus memajang barang dagangan Anda, begitu pula di online shop. Di online shop Anda harus memasang foto-foto dagangan Anda secara up to date. Jadi jika pada hari ini barang-barang jualan Anda sudah datang mungkin dari luar negeri atau bikin sendiri, Anda harus segera mengaploadnya di media online Anda agar para pembeli langsung tau tentang barang terbaru Anda.

      4.  Niat Usaha

Disetiap hal yang kita lakukan, pastilah harus dengan niat yang tulus dan besar. Begitu juga dengan membangun sebuah online shop. Walaupun misalnya online shop ini merupakan usaha sampingan bagi Anda, haruslah disertakan juga dengan niat. Karena mungkin online shop Andalah yang bisa membuat uang Anda membumbung tinggi.

      5.  Sediakan Layanan Return


Bagi Anda yang memiliki online shop, fasilitas return atau menukar barang harus wajib dimiliki jika ingin sukses. Kenapa begitu? Diingat sekali lagi yaa, di online shop ini kan penjual dan pembeli tidak saling bertemu, dan juga pembeli tidak pernah bersentuhan langsung dengan produk. Jadi bisa aja barang yang dibeli ternyata rusak atau kekecilan-kebesaran ukurannya atau juga hilang saat pengiriman kan mereka tidak pernah tau, maka dari itu kita harus menyediakan fasilitas Return agar pembeli merasa bahwa dia tidak ditipu dan akan percaya dengan kualitas penjualan Anda. Jika para pembeli senang, mereka pasti akan balik lagi ke Anda dan mungkin mereka akan mengajak rekan atau keluarga untuk beli di online shop Anda.

      6.  Mengadakan Diskon


Semua orang suka diskon! Ini sangat penting untuk marketing produk Anda. Berilah pelanggan Anda sebuah diskon khusus, seperti contoh : Diskon 10% untuk setiap pembelian diatas Rp 500.000,- atau gratis ongkos kirim diwilayah Pulau Jawa atau mengadakan diskon saat perayaan hari besar seperti Hari kemerdekaan. Dengan mengadakan diskon ini pastilah para pembeli Anda akan tertarik untuk beli.

      7.  Jujur dan Hargai Pembeli Anda


Bisnis yang sukses tidak jauh dari kata Jujur dan menghargai klien atau pembeli. Jika ingin bisnis sukses maka harusnya bersikap jujur pada klien atau pembeli dan juga menghargainya. Jadi jangan sekali-sekali Anda membohongi pembeli tentang bentuk barang, kualitas, apalagi keaslian produk. Karena selali Anda membohongi pembeli, maka mereka tidak akan balik lagi membeli produk Anda. Dan lebih parahnya mereka bisa membuat postingan tentang penipuan yang Anda lakukan, sehingga dibaca oleh orang lain dan nama baik online shop Anda akan jatuh. Hargailah pembeli walaupun dia hanya membeli satu barang Anda saja.

      8.  Jangan Mengumbar Janji

Salah satu lagi yang tidak boleh dilakukan oleh penjual online shop adalah mengumbar janji palsu. Seperti contoh :

-          Seorang pembeli ingin membeli sesuatu dari Anda, namun pada saat itu stock barang sedang tidak ada. Nah, yang harus Anda lakukan adalah beritahu dia bahwa barang tidak ada namun bilang juga kapan barangnya akan datang lagi. Jangan berbohong dengan bilang stock barang masih ada.

      9.  Bedakan Antara Reseller dengan Buyer

Jika online shop Anda telah memiliki Reseller (orang yang membeli barang Anda dengan jumlah banyak dan untuk diperjual-belikan lagi) maka Anda harus memiliki patokan harga tersendiri yang pastinya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada patok untuk Buyer (pembeli yang membeli barang Anda untuk kebutuhan pribadi dan dalam jumlah sedikit). Selain itu, saat menyetok barang, pisahkan antara barang yang akan dibeli oleh reseller dengan barang yang akan dijual oleh buyer. Hal ini untuk menghindari tercampurnya barang jualan.

      10.  Buatlah Perhitungan dan Pembukuan

Dalam dunia usaha baik jualan atau apapun itu, Anda diharuskan membuat perhitungan yang jelas dan benar seperti jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, biaya ini itu, dll. Agar pengeluaran Anda tidak tiba-tiba membengkak dan agar Anda mengetahui untuk apa saja uang Anda dikeluarkan.

Begitulah sekiranya tips dari saya untuk membuat online shop Anda bertambah maju dan besar. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi Anda yang memiliki online shop. Semoga usaha online shop Anda berhasil. Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan.

TERIMA KASIH

13 comments:

Rahmat Rusdianto mengatakan...

kepercayaan adalah hal yang paling penting ya dalam online shop ini

blogwalking ya dari review-newgadget.blogspot.com mohon kunjung balik dan follow blog saya ya, thanks :)

JIMMY mengatakan...

to rahmat rusdianto = yap bener tuh sob, klo customer udah gak percaya yaaa hancurlah usahanya

jimmy63 mengatakan...

ada diskon sama jujur tuh udah yang paling dibutuhkan..
diskon kan sebagai marketing juga dan jujur sebagai proses menjalankan bisnis

mampir gan Foto-foto iPod Nano Terbaru

SUKSES ADALAH PILIHAN mengatakan...

Ini Informasi sangat berharga,menarik untuk di baca,artikel
SANGAT UNIK,
sukses,dan salam hangat fromWWW.BLOG-PLUS-PLUS.COM
,tetap semangat!

JIMMY mengatakan...

to jimmy63 = haha bener.. diskon sama kejujuran itu yang paling penting

JIMMY mengatakan...

to sukses adalah pilihan = terima kasih yaa..
thanks udah mampir :)

Ashilla Zahrantiara mengatakan...

takdirr .. mau sukses ya untung...
takdir dari Allah SWT

Jone Strauss mengatakan...

I love this discussion of the structural logic of posting.
Thanks,
foto online

Venny Febrhy mengatakan...

mau re-share boleh ya gan :)

Inge Lakawa mengatakan...

makasih infonya :)

visit my blog ^_^
www.LuchLuchCraft.com
My online store ^_^
www.TokoLuchLuchCraft.biz

Irma Yunia mengatakan...

Terimakasih infonya :)
http://goo.gl/mgBCnM

Ari Wibowo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ari Wibowo mengatakan...

Terima kasih infonya :-D
jangan lupa kunjungi online shopku ya
BO & ini juga Healtca Shop

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates