Minggu, 05 Februari 2012

Makan Dengan Garpu Dianggap Kurang Ajar


Garpu pertama kali dipakai di jaman pertengahan, tapi makan dengan garpu dapat dianggap kurang ajar. Di abad ke-11, ketika seorang Putri Yunani tewas sesaat setelah memperkenalkan garpu pada pesta pernikahannya dengan seorang kepala pemerintahan Venice (seorang hakim ketua) Domenico Selvo, yang dirasa sebagai hukuman dari Tuhan.

Sementara garpu merupakan sebauh alat yang biasa ada di meja makan para bangsawan Italia sejak abad ke-11, dan dipakai di Perancis di abad ke-14, garpu baru diperkenalkan di Inggris di tahun 1611 oleh Thomas Coryat melalui bukunya "Coryat's Curdities Hastily gobbled up in Five Months Travels in France, Savoy, Italy, &c.". Bahkan, dia diolok-olok mengenai pomosi penggunaan garpu dan dipanggil "Furcifer," yang berarti pemegang garpu.

Warga kelas atas atau para bangsawan Spanyol menggunakan garpu pertama kali di abad ke-16, yang bisa dikatakan dari sebuah kumpulan besar garpu yang ditemukan dari bangkai kapal La Girona yang tenggelam di pantai Irlandia di tahun 1588. Di tahun 1630, Gubernur Winthrope dari Massachusetts memiliki pertama dan satu-satunya di koloni Amerika.


Jadi apa yang digunakan orang untuk makan sebelum menggunakan garpu? Mereka memakai sendok kayu, pisau dan tentu saja tangan-tangan mereka. Kebanyakan nenek moyang bangsa Fiji makan makanan dengan tangan mereka tapi juga menggunakan garpu kayu khusus untuk makan makanan yang terbuat dari daging manusia. Garpu, kebanyakan terdiri dari dua tusukan yang dikenal sebagai "sendok terpisah" . Walaupun ada contoh garpu dengan 4 dan 5 sundukan sebelum tahun 1600-an, garpu 4 sundukan baru mulai populer di akhir tahun 1800-an. Di bagian konservatif Thailand, makan dengan garpu masih dianggap kurang ajar; anda hanya boleh memakai garpu untuk mengambil makanan di sendok Anda baru memakan makanan yang ada di sendok tersebut.

Aneh rasanya menbaca kalau makan dengan menggunakan garpu sangat kurang ajar, mungkin karena berbagai tradisi dari berbagai negara sehingga membuat garpu terkesan suatu alat yang tidak baik untuk digunakan sebagai alat makan. Namun faktanya, garpu sangat membantu kita untuk mempermudah proses makan. Jadi apakah kita masih mengira kalau makan dengan garpu itu kurang ajar??
Sekian dulu nih artikel saya tentang garpu, semoga artikel saya ini bisa membantu menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada salah-salah ata dalam penulisan.

TERIMA KASIH

0 comments:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates