Selasa, 20 Desember 2011

Makanan Pencegah Kulit Keriput



Keriput merupakan suatu permasalahan pada kulit dimana sel-sel kulit mulai rusak dan tidak bisa memperbaharui keelastisannya. Permasalah ini timbul lantaran kandungan kolagen dan vitamin yang berfungsi menjaga kesegaran dan kekencangan kulit mulai hilang karena proses penyerapan zat pada kulit mulai berkurang. Keriput ini kebanyakan dialami oleh wanita atau pria yang sudah lanjut usia. Bagi kita yang masih berusia produktif atau masih muda, perlu berhati-hati karena faktor polusi dan radiasi juga bisa membuat kulit muda kita terlihat menua dan berkeriput.

Untuk mencegah kulit kita berkeriput lebih awal, cobalah mengonsumsi makanan-makanan dibawah ini :


       1.   Jeruk – Strawberry – Kiwi – Pepaya – Pome 


 Buah-buah diatas, dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C dan asam linoleat (asam tak jenuh) yang tinggi. Kedua zat ini merupakan zat yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, vitamin C diketahui dapat mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Asam linoleat juga memiliki kegunaan lain yaitu dapat menghancurkan penumpukan lemak jenuh. Sehingga asam linoleat berfungsi juga sebagai pencegah kegemukan, diabetes dan penyakit jantung.

       2.    Brokoli – Kangkung – Bayam



Jenis sayuran diatas merupakan sayuran terbaik yang dapat mencegah keriput karena sinar UV ataupun  faktor lain. Ketiga sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C, asam linoleat, dan zat besi yang selain membermanfaat mencegah keriput dan mecerahkan, juga bermanfaat melembabkan kulit.


       3.   Tomat



Buah sayuran yang terkenal masam ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya tomat bisa mencegah kerutan akibat sinar UV dan radiasi. Tomat memiliki kandungan zat antioksidan seperti Lycopane yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit yang sering terpapar sinar matahari. Selain itu, tomat juga bisa digunakan sebagai masker yang berfungsi menghaluskan dan mencerahkan kulit.

 4.   Tempe – Tahu – Oncom – Susu Kedelai – Kedelai

 
Makanan kesukaan warga Indonesia diatas ini ternyata selain  bermanfaat untuk pertumbuhan dan mengurangi resiko penyakit jantung, juga bermanfaat bagi kecantikan. Saat mengalami kekeriputan pada kulit, itu artinya zat estrogen pada kulit juga ikut menghilang. Zat estrogen ini merupakan zat yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Nah kedelai ini memiliki zat yang bernama fitoestrogen yang berfungsi menambah pembentukan estrogen untuk menghilangkan keriput, garis-garis halus dan menjaga elastisitas kulit. Oleh karena itu, sangat baik untuk kita mengkonsumsi kedelai ataupun makanan yang berbahan dasar kedelai.


Kedelai juga bisa dijadikan masker, caranya : hancurkan kedelai secukupnya lalu campurkan dengan air hangat. Setelah itu, terapkan pada wajah dan tunggu sekitar 30 menit, lalu bersihkan.

5.    Mangga
 
Mengkonsumsi mangga setiap hari sangat disarankan karena mangga sangat bagus untuk mengcegah keriput dan menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan buah mangga memiliki zat yang bernama Beta Karotin yang merupakan anti oksidan terkuat. Vitamin A yang terkandung dalam mangga juga sangat baik untuk menghilangkan jerawat membandel. Makan 1 buah mangga setiap hari akan sangat baik bagi kecantikan Anda.


 6.    Teh Hijau – Teh Putih

 
Teh hijau dan teh putih merupakan jenis teh yang terbaik bagi kesehatan kulit. Kedua jenis teh ini memiliki memiliki kandungan anti oksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh asap rokok, cahaya matahari, dan polusi udara dibuang. Oleh karena itu, konsumsilah teh hijau atau teh putih setiap hari sangat baik bagi kesehatan kulit.

Sekian dulu nih informasi makanan penghilang kerutan dari saya, semoga artikel saya dapat bermanfaat bagi para membaca sekalian. jika ada salah-salah kata dalam penulisan, mohon dimaafkan dan mohon diperbaiki.

TERIMA KASIH

4 comments:

Admin mengatakan...

hmm jadi tahu kalau tempe tahu juga bisa mencegah keriput, karena tiap pagi aku pakai tahu tempe

jimmy63 mengatakan...

ohh ada yang namanya teh putih juga yaa, apanya tuh yg dijadiin tehnya??

JIMMY mengatakan...

to admin = iya soalnyakan tempe tahu terbuat dari kedelai. tapi klo mau bagusnya yaa kedelainya aja langsung

JIMMY mengatakan...

to jimmy63 = teh putih tuh dari kuncup daunnya yang sama sekali belum mekar, yg masih ada serat2 warna putihnya.. harganya mahal bgt

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates