Selasa, 22 November 2011

Wikipedia Terancam Bangkrut


Situs Wikipedia merupakan situs pengetahuan umum yang paling banyak dicari oleh para Netizens diseluruh dunia. Situs yang memberikan informasi update tentang sejarah, biografi tokoh, dan lainnya ini dirintis oleh Jimmy Wales. Situs Wikipedia awalnya adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation. Berbeda dari situs yang lainnya, Jimmy Wales membuat situs Wikipedia tidak untuk komersial atau sumber pendapatan tetapi murni untuk memberikan informasi yang jelas dan benar kepada masyarakat dunia. 

Karena sifatnya yang tidak komersil inilah maka situs Wikipedia tidak memiliki sponsor untuk membiayai situsnya. Karenanya biaya operasional situs mereka 100 % dibayai oleh para staf dan juga para pemimpin. Namun, walaupun situs ini sangat terkenal dan banyak dilihat oleh para Netizens, Wikipedia terancam bangkrut. Ancaman bangkrut tersebut terlihat karena Jimmy Wales memohon kepada masyarakat dunia untuk memberikan donasi kepada Wikipedia.


Berikut kutipan permohonan donasi dari Jimmy Wales : 

     Google mungkin memiliki hampir sejuta server. Yahoo memiliki sekitar 13.000 staf. Kami hanya memiliki 679 server dan 95 staf.

    Wikipedia adalah situs #5 di web dan melayani 450 juta orang yang berbeda setiap bulan - dengan miliaran kunjungan halaman.

    Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia.

    Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

    Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya sebagai sebuah perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras setiap tahun untuk menjaga kita tetap ramping dan ketat anggaran. Kami memenuhi misi kami, dan kami tidak menyia-nyiakannya.

    Jika setiap orang yang membaca ini menyumbangkan $5, kami hanya perlu melakukan penggalangan dana selama satu hari setiap tahunnya. Tetapi tidak semua orang dapat atau ingin menyumbang. Dan hal itu tidak apa-apa. Setiap tahun cukup banyak jumlah orang yang memutuskan untuk menyumbang.

    Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan $5, €10, ¥1000, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.

    Terima kasih,

    Jimmy Wales
    Perintis Wikipedia


Pemberian donasi ini terbuka oleh semua masyarakat dunia melalui surat elektronik PayPal. Saat ini sumbangan untuk Wikipedia telah mengalir dari masyarakat dunia dan para pendiri situs pencar seperti Google. Pendiri Google diketahui telah menyumbang kepada Wikipedia sebesar $ 500.000,- atau sekitar Rp 4,5 miliar. Ditahun 2011 ini jumlah donasi yang telah terkumpul mencapai $ 1,2 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 10 miliar dari seluruh dunia. Uang hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membiaya operasional, gaji karyawan, dll.
 
Saran saya bagi para pembaca, marilah kita memberikan sedikit uang kita untuk membantu kelangsungan situs Wikipedia. Situs ini merupakan situs yang sangat penting bagi sumber pengetahuan masyarakat dunia karena situs ini memberikan informasi benar dan update dari seluruh penjuru dunia. Wikipedia bukan situs yang komersil dan mereka mutlak memberikan ilmu secara ikhlas tanpa mendapat biaya dari sponsor. Saya selaku penikmat situs Wikipedia ini akan ikut membantu kelangsungan eksisnya situs terbesar ke-5 ini. Bagi Anda para pembaca sekalian yang ingin turut serta membantu dan memdapatkan informasi selengkapnya, klik disini WIKIPEDIA

Sekian dulu artikel ini saya buat, semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan masukan bagi para pembaca sekalian. jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan dan mohon diperbaikin,

TERIMA KASIH 

11 comments:

Punya.Tia mengatakan...

wah curiga bangkrut nih...

pertanyaannya: selama ini wikipedia dapet duitnya darimana yaa???

Stylish Generation

Viralkan mengatakan...

pengin donasi tapi gak punya balance paypal hikss, hiks

rofiek mengatakan...

situs sebesar wikipedia bisa bangkrut??
seharusnya kan banyak pendapatan dan banyak sponsor.

software toko

Iqbal Alghifari mengatakan...

moga saja tidak jadi bangkrut, banyak artikel yg membantu q dr Wikipedia..

http://jalannyauzanks.blogspot.com/

JIMMY mengatakan...

to Tia = pemasukan wikipedia selama ini dari pemilik dan stafnya aja.. mereka gak ada pemasukan dari sponsor

to addyn = hehe klo bisa bikin aja, tai suport buat wikipedia juga gpp kok :)

to software toko = kan mereka gak pake sponsor iklan gak kyk google atau yahoo jadi mereka bisa dibilang murni sebuah situs tak beriklan

to uzanks = iya semoga aja yaa, mari kita bantu dan kita doakan..

Dewa Made Ari S mengatakan...

Harusnya punya devisi marketing untuk mencari pemasang iklan, karena memang sangat disayangkan kalau sampai bangkrut. Ini website referensi

Anonim mengatakan...

sangat disayangkan kalu sampai bangkut karena wikipedia sangat dibutuhkan oleh netizens karena ilmu2 dan pengetahuan2 yang luas yang diberikannya kepada masyarakat dunia

JIMMY mengatakan...

to dewa = klo wikipedia menggunakan iklan dan sponsor pasti mereka gak mungkin terancam bangkrut tapi sayangnya mereka bukan situs yang menggunakan jasa sponsor untuk mendapatkan uang...

to jimmy63 = ya betul sekali, semoga banyak yang membantu memberikan donasi kepada wikipedia

Anonim mengatakan...

iya nih. saya sudah dapet beritanya lama banget. katanya wikipedia bangkrut. tapi saya baru baca beritanya sekarang. semoga bisa bertahan deh. banyak manfaatnya sih.

JIMMY mengatakan...

to islamarket.net = kita doakan aja banyak yang ikut menbantu wikipedia agar tidak bangkrut

hazzard mengatakan...

melas bngd... hehehehe

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates