Minggu, 20 November 2011

Alasan Takut Menjadi Tua


Banyak orang yang amat sangat takut untuk menjadi tua. Ketakutan ini biasanya terjadi oleh kaum wanita berusia 30 ke atas. Dari pengalaman saya banyak sekali orang yang kesal jika dibilang jika dirinya sudah tua atau semakin tua. Bahkan dari mereka sangat membenci hari ulang tahunnya karena tidak mau umurnya bertambah. Hal itu sebenernya sangat lucu karena mereka takut atas apa yang seharusnya menyenangkan. 

Menjadi tua itu sangat menyenangkan bagi saya, karena dengan bertambahnya usia maka tentu saja kita akan semakin dihormati dan disegani oleh mereka yang jauh lebih muda. Menjadi tua pun akan membuat kita semakin terlihat berwibawa dan dan tentu saja segala perintah kita akan diikuti. Menjadi tua pun sebenernya bisa membuat kita hidup dengan santai karena kita tak perlu lagi pusing memikirkan anak-anak yang masih kecil dan pusing memikirkan pekerjaan dikantor. Saat kita menua pun seharusnya kita tidak perlu lagi merasakan problema hidup dari percintaan, gaya hidup, dan biaya ini-itu.


Banyak alasan yang membuat manusia sangat takut untuk menjadi tua. Alasan mereka pun  sebenarnya tidak logis dan mungkin hanya perasaan yang belum tentu terjadi. Beberapa alasan ketakutan menjadi tua dari yang saya perhatikan adalah sebagai berikut :

Takut Melemah

Apakah Anda kenal istilah “dalam usia tangguh”? usia tangguh berarti ada dalam usia muda. Dengan kata lain, ketika kita menjadi tua, kita akan kehilangan kekuatan. Tubuh kita juga melemah. Orang-orang tua biasanya mengalami kesulitan untuk mendengar, melihat, ataupun berjalan. Kadang-kadang ingatan pun tidak berfungsi secara baik. Semua hal inilah yang membuat oang takut menjadi tua.

Takut Tidak Menarik Lagi

Dalam usia muda kita pastinya akan terlihat sangat menarik karena pada usia itu kita memiliki aura muda yang fresh dan segar. Aura tersebut akan memunculkan karisma yang membuat kamu muda terlihat menarik. Selain itu, diusia muda pun tubuh maupun kulit kita terlihat begitu indah, kencang tanpa keriput yang bisa menarik mata orang sekitar. Dalam masyarakat kita terdapat istilah “muda adalah ideal” sehingga semua orang mengira kita harus terlihat muda agar terlihat menarik. 

Takut Tidak Berguna

Saat kita tua, memang terdapat suatu peristiwa dimana kekuatan tubuh dan otot kita menjadi lemah serta ingatan dan daya berfikir pun juga melemah. Ini semua memang merupakan hal yang sudah sewajarnya. Hal inilah yang sangat ditakuti oleh manusia karena dengan melemahnya fungsi otak dan tenaga akan membuat orang tersebut tidak digunakan lagi didalam dunia pekerjaan karena pertimbangan itu. Mereka pun juga takut bila dicap tidak berguna bagi keluarga dan anak-anak mereka karena menyusahkan atau menjadi beban. Sedikit nasehat, hal yang seperti ini tidak perlu ditakuti karena saat tua kita masih sangat berguna untuk memberikan nasihat dan masukan bagi kaum muda yang suka berfikiran arogan. Selain itu, kalian juga berguna dan berharga karena dengan menjadi tua kalian memiliki banyak waktu untuk bersama anak serta cucu yang mungin disaat Anda masih muda hal itu jarang terjadi karena kesibukan bekerja.

 
Disamping alasan ketakutan diatas, jika Anda tidak mau alasan-alasan tersebut menjadi kenyataan, maka Anda harusnya bekerja keras serta memberi perhatian penuh untuk keluarga agar hubungan antar keluarg menjadi erat. Selain itu, berusahalah untuk memiliki suatu simpanan atau investasi berupa uang atau apapun untuk hari tua Anda agar Anda tidak perlu meminta bantuan keluarga dan menjadi orang tua yang mandiri. Ketika kita menjadi tua, maka kita telah diberikan waktu oleh Tuhan untuk memperbaiki sifat kita di masa lalu dan mendekatkan diri kepadaNya.

Sekian dulu nih artikel saya kali ini. Semoga bisa menjadi pelajaran dan juga masukan bagi para pembaca yang takut menjadi tua. Menjadi tua bukanlah sesuatu yang harus ditakuti tapi sesuatu yang harus disyukuri karena kita telah diberi waktu yang panjang untuk menikmati hidup ini dan merasakan pengalaman dari masa kemasa. Mohon maaf jika ada salah-salah kata !

TERIMA KASIH 

4 comments:

Ejawantah's Blog mengatakan...

Artikel yang bagus semoga bermanfaat untuk orang banyak.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

cari kerja mengatakan...

nice info sobat.....
mksh yaaa...,
sungguh bermanfaat.

komment balik yaaa,
follown n tker link

JIMMY mengatakan...

to ejawantah = hehe terima kasih yaa mbaknya udah mampir lagi :)

to cari kerja = makasih nih mas udah mampir, pesan dikirim

Superiongames mengatakan...

Saya takut tua karena takut kehilangan orang tua saya. Karena logika saya jika saya bertambah tua, demikian juga ortu saya. Saya mengalami ketakutan ini sejak lulus smk.

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates