Senin, 21 Mei 2012

Berbagai Makanan Korea yang Enak




Mencicipi makanan khas Korea membuat saya tergoda untuk kembali menikmatinya terus menerus. Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan mengenai makanan Korea.

Di dalam postingan saya sebelumnya itu, hanya terdapat 3 jenis makanan Korea yang enak. Karena postingan itu saya bikin untuk mengikuti kontes PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT yang diselenggarakan oleh facebook Korea Tourism Organization (Indonesia) dan twitter @KTOJakarta, walaupun akhirnya gak kepilih jadi pemenang, tapi tetap semangat kok.

Ketiga jenis makanan Korea tersebut antara lain adalah Kimchi, Samgyetang dan Kue Tradisional Tteok. Padahal selain ketiga makanan tersebut, ada banyak lagi makanan Korea yang enak menurut saya. Kebanyakan makanan Korea yang enak itu saya liat gambar atau videonya di internet. Saya ingin sekali dapat mencoba bagaimana rasanya.


Misalnya untuk makanan berkuah atau sup, saya ingin mencoba Seolleongtang, Jeongol dan Jjampong. Seolleongtang dan Jeongol merupakan sup berkuah khas Korea, sedangkan Jjampong adalah mie kuah Korea Selatan dan Naengmyeon adalah mie kuah Korea Utara.

Sup Seolleongtang

Sup Seolleongtang
 Seolleongtang adalah sup yang sangat populer di Korea. Kadang, masakan ini menjadi satu-satunya menu yang sengaja disediakan oleh banyak restoran korea. Bahan masakan yang satu ini terbuat dari sup kaldu tulang sapi yang direbus dalam waktu lama. Biasanya masak sup ini membutuhkan waktu berjam-jam lamanya agar kalsium yang ada terlepas sampai tulangnya berwarna putih khas. Untuk itu Seolleongtang adalah masakan korea yang paling lama waktu memasaknya.
 
Biasanya dalam menu sup Seolleongtang juga ada juga potongan daging sapi dan lobak. Bayangkan bagaimana enaknya sup kaldu tulang sapi dengan potongan daging sapi dan lobak di dalamnya, pasti rasanya nikmat, apalagi disajikan dalam keadaan hangat dan pedas sesuai dengan selera saya, hmm, nyummyyyy..

 Sup Jeongol

Sup Jeongol
 Selanjutnya adalah Jeongol, sup yang dahulu kala hanya dibuat untuk kalangan bangsawan atau keluarga kerajaan di Korea. Sup Jeongol memiliki rasa yang enak dan beragam, karena biasanya di dalam menu terdapat irisan daging sapi, berbagai jenis makanan laut (seafood), berbagai jenis sayuran serta bumbu penyedap lainnya yang direbus secara bersamaan dalam sebuah panci besar.

Sup Jeongol ini sangat cocok untuk saya, karena saat direbus ditambahkan bumbu gochujang dan bubuk cabai lainnya agar menambah rasa pedas. Gochujang adalah pasta cabai yang sering digunakan dalam berbagai masakan Korea. Oh betapa cocoknya untuk saya yang merupakan seorang penggemar makanan pedas ya.

 Jjampong

Jjampong
 Kemudian masakan Korea yang enak lainnya adalah Jjampong, mie kuah Korea yang menggunakan campuran seafood, daging sapi dan sayuran. Mie nya sendiri terbuat dari tepung gandum. Biasanya dalam memasak Jjampong, sering ditambahkan bawang dan minyak cabai. Karena Jjampong terkenal sebagai mie kuah yang pedas. 

Pendapat saya mengenai mie yang satu ini perfect banget, sebagai seorang pecinta makanan pedas, apalagi mie ya, maka Jjampong ini sangat sempurna. Ditambah paduan rasa seafood dan daging sapi dengan kuah pedasnya, pas dimakan, ohh rasanya gimana gitu, nggak kebayang. Jjampong ini pengen banget saya cari dan saya coba. Ada nggak ya di Indonesia? Khususnya di Jakarta, hehehe…

 Bingsu

Bingsu
 Untuk dessertnya, saya ingin mencoba mencicipi bingsu dan omija cha. Bingsu adalah  dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Makanan ringan ini pertama kali dikenal sebagai es serut kacang merah manis yang dijual di pedagang kaki lima. 

Kini bingsu tersedia dalam banyak rasa dengan variasi tambahan es krim, yogurt dingin, susu kental manis, sirup dan buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar-agar dan sereal. Beberapa rasa yang menjadi unggulan dari bingsu adalah kopi, teh hijau, pinkberry dan mangga. 

 Omija Cha

Omija Cha
Setelah bingsu, minuman pencuci mulut yang segar adalah omija cha atau teh buah omija. Yang unik dari teh ini adalah memiliki 5 rasa buah omija, yaitu manis, asam, asin, pahit dan pedas dalam berry.

 Di Korea, berry ini biasanya dijadikan teh yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan madu, kelopak bunga, bubuk kacang hijau, dan lainnya. Omija juga digunakan sebagai penyedap untuk makgeolli. Untuk penggunaan sehari-hari, teh ini bagus untuk saluran pernapasan, tetapi dalam hal obat tradisional, omija sering digunakan untuk menyembuhkan hati atau liver.

Itulah berbagai makanan lainnya yang enak dan ingin sekali saya cicipi. Sebenarnya sih pasti masih ada banyak lagi makanan Korea yang menarik, tapi yang saya temukan paling oke ya baru beberapa di atas, terutama jjampong ya. Kalo ada saran atau masukan lagi mengenai makanan Korea, kasihtau ke saya ya, hehehe… Terima kasih banyak, jangan lupa lihat video kuliner Korea yang satu ini ya.


Gambar :

7 comments:

Anonim mengatakan...

Sup Samgyetang emang enak banget yaa, gak salah klo supnya jadi makanan favorit orang Korea dan Indonesia..
Waktu itu klo gak salah di KTO Indonesia ada resep membuat sup ini deh dan di blog Sandra Dewi juga ada foto Samgyetang waktu jalan2 ke Korea sebagai Goodwill ambassador KTO Jakarta

andisinaga mengatakan...

Makanan Korea Selatan emang menggugah selera banget yaa, apalagi warna sama bahan2nya bikin laper....
Sup Samgyetang tuh saya pengen nyoba banget, denger2 enak banget supnyaa :D

JIMMY mengatakan...

to jimmy63 = hahaha bener gan, apalagi ayamnya empuk banget gan soalnya dimasak lama dan loyangnya juga tebel jadi panasnya tahan lama

JIMMY mengatakan...

to andisinaga = haha iya gaa, biasanya orang tertarik karena warna dan bahan2 bakunya,, disamping rasa masakannya yg unik dan lezt

rendy pratama mengatakan...

iya bener di fanpage Korea Tourism Organization Indonesia banyak informasi seputar wisata Korea dan jga maknanan Korea yang wajib di cicipi

Unknown mengatakan...

pinjaman! pinjaman!! pinjaman!Apakah Anda mencari sebuah perusahaan terkemuka dan terakreditasi pinjaman pribadi yang menyediakan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup.Kami menawarkan semua jenis pinjaman sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, kredit mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman Bisnis, pinjaman investasi, hutang konsolidasi dan banyak lagi.Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya?Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Tidak tampak lebih seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu.Kami meminjamkan dana kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat 2%.Tidak ada nomor jaminan sosial yang diperlukan dan tidak ada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin.Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan mendukung dan kami akan senang untuk menawarkan pinjaman.Kemudian kirimkan email ke: (anitagerardloanfirm@gmail.com) untuk mengajukan permohonan untuk pinjaman

Miliana mengatakan...

penasaran banget deh sama rasanya hehe

optimisasi mesin pencari

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates