Senin, 03 Oktober 2011

Tips Mengatasi Blackberry Lemot

Smartphone keluaran Kanada yang bernama Blackberry bukan menjadi barang asing untuk warga Indonesia. Indonesia ternyata menjadi konsumen Blackberry tertinggi di dunia. Di Jakarta saja banyak kita jumpai orang-orang yang telah menggunakan Smartphone Blackberry. Baik kaya, sederhana, bahkan orang berekonomi dibawah pun sudah banyak yang menggunakan Smartphone Blackberry. Blackberry memang sudah menjadi merk Smartphone yang digilai masyarakat saat ini setelah kemunculannya di Indonesia sekitar tahun 2008 atau 2009.
 
Tapi berhubung Smartphone seperti halnya komputer atau laptop yang sering lemot atau koneksinya lama, maka banyak juga yang kesel atau marah-marah gara-gara pesannya tidak kunjung terkirim atau koneksi internetnya yang sering gagal. Sebagai sesama pengguna Smartphone Blackberry, gw juga sering tuh kesel sama lemotnya koneksi chating dan browsing di Blackberry. Menurut temen gw yang bekerja di salah satu counter handphone ternama, penyebat lamanya koneksi Blackberry itu dikarenakan banyaknya file-file sisa-sisa chating atau browsing yang tersimpan di historynya. Untuk itu teman gw ngasih tips dan cara agar Smartphoen Blackberry kita tersayang tidak membuat kita marah-marah dan ternyata cara dan tips ini sangat manjur dan ampuh loh!!!

Untuk Tips

Pertama = selalu tekan endchat sehabis selesai chating dengan seseorang melalui Blackberry, jangan sampai terlalu lama menyimpan daftar chat karena akan menambah beban memori Blackberry.


Kedua = jangan membuka aplikasi dan browsing secara bersamaan. Maksudnya adalah karena Blackberry termasuk Smartphone, maka akan tersedia layanan Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, dan browsing internet. Nah disarankan kita jangan melogin Facebook dan Twitter secara bersamaan atau melogin Yahoo Messenger dan Twitter secara bersama atau melogin dan browsing secara bersama-sama. Hal ini karena bisa memperlambat kecepatan internet Blackberry.

Ketiga = buanglah file-file yang tidak perlu. File-file seperti video atau foto atau dllnya yang tidak perlu sebaiknya dihapus saja untuk mengurangi beban kapasitas memori.


Selain tips diatas, gw juga dikasih tau nih perihal-perihal untuk menghilangkan “lemot”nya Blackberry. Cara-cara ini diberikan langsung loh kepada orang counternya. Berikut cara-caranya :

 
Pertama = usahakan untuk mencabut atau melepaskan baterai BB setiap 2-3 hari sekali. Setelah baterai dicabut, diamkan sekitar 1-2 menit untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat proses chating atau browsing.


Kedua = Lakukan secara rutin Clear Log Event dengan cara tekan tombol ALT+L G L G, nanti akan muncul hasil log. Lalu tekan tombol yang terdapat logo BB anda, pilih -> Clear Log (untuk yang berbahasa Inggris), atau -> Bersihkan Log (untuk yang berbahasa Indonesia), setelah itu tekan -> Delete atau Hapus.


Ketiga = lakukan juga secara rutin Cleaning Memory atau Pembersihkan Memori dengan cara pilih -> Options (Opsi), pilih -> Security Options (Opsi Keamanan), lalu pilih -> Advanced Security Options, setelah itu pilih -> Cleaning Memory (Pembersihan Memori), kemudian tekan tombol yang terdapat logo BB di Blackberry anda, lalu pilih -> Clean Now (Bersihkan Sekarang).


Keempat = Setiap 2-3 hari sekali diusahakan untuk melakukan Host Routing Table (Tabel Rute Host), dengan cara pilih -> Options (Opsi), pilih -> Advanced Options (Opsi lanjutan), setelah itu pilih -> Host Routing Table (Tabel Rute Host). Setelah itu tekan tombol berlambang logo BB di HP anda, dan pilih p> Register Now (Registrasi Sekarang). Nanti Anda akan menerima email/messege dari Blackberry.

 
Kelima = setelah melakukan langkah keempat diatas, Anda juga kudu setiap 2-3 hari sekali melakukan Diagnostic Test (Tes Dianostik). Hal ini sangat penting karena lewat inilah kita bisa mengetahui apakah Blackberry kita terkoneksi, baik itu PIN, register maupun dengan koneksi Email. Untuk tes ini bisa dilakukan dengan cara pilih -> Options (Opsi), lalu pilih -> Mobile Network (Jaringan Seluler), setelah itu tekan tombol berlogo BB pada Blackberry Anda, lalu pilih -> Diagnostic Test (Tes Dianostic), setelah itu tekan tombol berlogo BB lagi dan pilih -> RUN (Jalankan). Biarkan sampai proses berjalan komplit , jika hasil proses ada yang Abort, maka ulangi proses bagian kelima lagi sampai hasil proses tidak ada yang Abort.


Sekian lah artikel tips dan cara menghilangkan lemot pad Blackberry. Semoga artikel gw ini berguna buat para pembaca sekalian. Jika masih belom percaya Anda bisa menanyakan sendiri pada penjaga counter handphone diseluruh Indonesia.
TERIMA KASIH

22 comments:

Aji Prast mengatakan...

wah... tipsnya bagus banget. saya punya bb 4 lemot semua, boleh dicoba tipsnya.

Mampir lagi ke blog saya ya, nanti saya ajak jalan-jalan ke Bali, lihat Festival Danau Batur

JIMMY mengatakan...

to Aji= wah banyak banget tuh BBnya.. buat apaan aja tuh?? iya coba aja tipsnya mas siapa tau bermanfaat ^^

to gustav= terima kasih mas gustav udah komentar, saya sempetin buat ke artikel mas gustav yaa

Antoni Sinarmas mengatakan...

Bisa dibaca juga tips untuk BeBe Anda di sini ----> www.adf.ly/3ttm8 Trims

JIMMY mengatakan...

to ANTONI = hhhehehe terima kasih yaa info tambahannya :D

Anonim mengatakan...

Sob., kalau 5 kali tetep muncul abort gimana???
punya ane abort terus soalnye.

JIMMY mengatakan...

to ainurshop = klo udah 5 kali mending ada buka batereinya lagi gan.. trus ulangin deh

Yopi Ratnasari mengatakan...

info bagus nih... thx yaaa, salam kenal :)

JIMMY mengatakan...

to yopi ratnasari = iya sama2.. thanks juga yaa udah mampir

Yandies Subecti mengatakan...

Mantap gan.......makasi atas info'y sangat bermanfaat.........

JIMMY mengatakan...

to yandies subecti = hehe iya gan sama2, thanks juga yaa udah mampir

firmansyah mengatakan...

thx gan taz infonye,apalagi u/orng2 yg gaptek kya ane..!!:D

JIMMY mengatakan...

to firmansyah = ahahah iya gan sama2 semoga bbnya gak lemot lagi yaa

Hella mengatakan...

terima kasih atas infonya, terutama saya yang gaptek...
saya sudah mencoba semua tahap2nya, tetapi untuk tahap kedua belum bisa, karena tipe BB saya Storm (touch screen), mungkin ada cara lain?
dan tahap yang kelima saya sudah mencoba berkali2 tetap saja Abort walaupun saya mencopot baterainya..
mohon bantuannya terimakasih...
hella

JIMMY mengatakan...

to hella = touch screen juga bisa kok kan ada huruf2nya aja tapi dia bukan tombol. klo masih tetap abort setelah berkali2 itu mungkin dari provider yang dipake, klo bisa setelah tahap ke-3 anda tunggu sampai ada message (bukan sms) dari blackberry yang isinya "regristration" gitu, baru deh lanjutin langkah selanjutnya. Thanks

fitria mengatakan...

blog yang bermanfaat...like this

JIMMY mengatakan...

to fitria = makasih ya sis

umiabi mengatakan...

siph mantap bgt ni pemberitahuannya...
ty gan..
:D

JIMMY mengatakan...

to umiabi = hehe iya sama2 thanks juga udah mampir

Lana Christian mengatakan...

sangat membantu gan !!!
jempoool...

todaymustbefine mengatakan...

ini dia tips yang banyak dicari orang

sangat bermanfaat
keep goodposting :)

salam,
http://bayikecilku.yolasite.com/

Chelsea fans club mengatakan...

tips yang sangat bermanfaat sekali buat saya yg buta soal bb...

Unknown mengatakan...

Gue pakai bb 9220 min brosing pakai broser bawaan BB sering gagal dan saya pakai aplicasi gps selalu lemot mohon petunjuk min

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates